Rancang Bangun Kontrol Industri Berbasis Wireless Networked Control System (WNCS) Menggunakan Arduino

Ari Sriyanto Nugroho, Wahyu Sulistyo, Thomas Agung Setyawan

Abstract


Integrasi dan konvergensi komunikasi, komputasi, dan kontrol selama dekade terakhir telah mengilhami para peneliti dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu  untuk tertarik di bidang  Wireless Networked Control System (WNCS). Secara umum, WNCS terdiri dari sensor, actuator, dan pengendali operasi yang didistribusikan di lokasi geografis yang berbeda dan dikoordinasikan dengan  informasi yang dipertukarkan melalui jaringan komunikasi. Penggunaan Internet telah menjadi salah satu kekuatan pendorong utama untuk penelitian dan pengembangan WNCS. Penelitian ini bertujuan membuat model dan merancang kontrol industri berbasis wireless networked control system (WNCS) menggunakan arduino. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membuat rancangan model kemudian diimplementasikan dalam prototipe. Selanjutnya prototipe terbut diuji fungsionalitasnya. Model yang dirancang menggunakan jaringan Ethernet sebagai protokol akses untuk medium pembawa. Protokol aplikasi yang digunakan adalah HTTP yang berjalan di atas protocol TCP/IP. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa model yang dirancang berhasil diimplementasikan dan berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Kata kunci: Wireless Networked Control System (WNCS), Kontrol Industri, Arduino

Full Text:

Pdf

References


A. S. Nugroho, “Sistem Pengaturan Lampu Melalui Jaringan Komputer Lokal: Sebuah Model Sistem Pengaturan Piranti Masukan/Keluaran Melalui LAN (Local Area Network),” Semarang, 2001.

Gupta, R. A., & Chow, M.-yuen. (2009). Networked control system : overview and research trends. Ieee.

Lei, Z.-M., Sun, H.-X., Liu, Z.-J., Liang, T., & Lin, T. (2007).QoS Based

Media Access Control in a Class of Networked Control Systems. 2007 International Conference on Wireless Communications, Networking and Mobile Computing, 2016-2019. Ieee. doi:10.1109/WICOM.2007.504

T. A. Setyawan, “Filtering Internet pada Wireless Router di Prodi Teknik Telekomunikasi untuk Mencegah Pengguna Internet yang tidak Memiliki Hak Akses,” Semarang, 2013.

Wang, F.-yue, & Liu, D. (2008). Networked Control Systems. (F.-yue Wang & D. Liu, Eds.). London: Springer-Verlag.

W. Sulistiyo, “Desain dan rancang bangun perangkat lunak pemonitor pengendali motor DC berbasis PID dengan variable tunning,” Semarang, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1,%20April.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats