Bata Beton Geopolimer Dari Bahan Fly Ash Limbah PLTU Tanjung Jati Memiliki Banyak Keunggulan

Sutarno Sutarno, Marchus Budi Utomo, Wahjoedi Wahjoedi, Mawardi Mawardi

Abstract


PLTU  Tanjung Jati merupakan pembangkit listrik cukup besar, saat ini mampu memasok listrik sebesar 12 % untuk kebutuhan listrik  Jawa, Bali dan Madura. (suaramerdeka.com, Suara Muria, 21 Maret 2013 ).  Di sisi lain limbah hasil pembakaran batu bara sebagai bahan energi PLTU Tanjung Jati  berupa fly ash dan botom ash merupakan masalah yang harus ditangani dengan bijaksana karena  menurut PP. No 85 tahun 1999. Fly Ash dan Bottom Ash Tergolong limbah B3 artinya limbah ini tergolong bahan berbahaya dan beracun maka tidak boleh sembarangan dibuang,  harus ada upaya pengolahan atau sistem penampungann yang baik.   Dalam upaya mengatasi masalah limbah tersebut, maka diadakan penelitian ini sehingga limbah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi Bata Beton  geopolimer. Penelitian dibatasi pada tinjauan pengaruh moralitas aktivator terhadap kuat tekan, suction rate dan bobot isi.  Penelitian yang dilakukan dengan percobaan laboratorium yaitu  Fly Ash limbah  PLTU Tanjung Jati yang dikaji pemanfaatannya , digunakan sebagai bahan  perekat pembuatan bata  Geopolimer.    Metode yang dilakukan dengan mereaksikan Fly Ash limbah PLTU Tanjung Jati tersebut dengan  NaOH dan Na SiO2.  Sehingga menjadi binder mortar bata geopolimer yang kemudian dicetak sebagai benda uji. Dari benda uji yang dibuat kemudian dilakukan pengujian,  jenis ujinya  antara lain;  Kuat Tekan, Uji Bobot Isi dan Uji Suction Rate.  Variasi campuran pada penelitian ini dengan moralitas binder 8 molar, 12 molar dan 16 molar.  Dari analisis diperoleh hasil untuk Kuat Tekan  8 M sebesar 13,3 Kg/Cm2; 12 M sebesar 18,3 Kg/Cm2; 16 M swbwsar 58,6 Kg/Cm2;  Untuk Siction Rate diperoleh hasil 8 M sebesar 15,6 gr/dm2/menit; 12 M sebesar 10 gr/dm2/menit; 16 M sebesar 6,4 gr/dm2/menit;  sedang untuk Uji bobot isi menunjukkan hasil, tidak ada pengaruh kepekatan binder terhadap bobot isi yaitu semua memiliki bobot isi  2,1  ton/m3.

Kata kunci  :  Fly Ash, Batu bata, Beton Geopolimer

Full Text:

Pdf

References


…………., PLTU Tanjung Jati B Ramah Lingkungan, suaramerdeka.com. 21 Maret 2013

Kusdiyono,dkk, 2002, Modul Praktikum Uji Bahan Bangunan I, Politeknik Negeri Semarang.

Murdock LJ dan Brook KM. ( alih bahasa : Stefanus Hendarko Ir. ), 1986, Bahan dan Praktek Beton, edisi ke empat, Penerbit Erlangga Jakarta.

Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 85.1999, Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1999 tanggal 7 Oktober 1999 Tentang Pengelolaan Limbah Barang Berbahaya dan Beracun.

Windholz, M. 1976, The Merck Index, 9th Edition, Rahway, NJ, USA, Merck & Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1,%20April.758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats