Perubahan Nilai Kekuatan Tarik Pada Hasil Pengelasan Friction Stir Welding Aluminium 2024 - T3 Yang Menggunakan Perlakuan Transient Thermal

Pujono Pujono

Abstract


Paduan aluminium seri 2xxx merupakan paduan Al-Cu dengan sifat mekanis yang cukup tinggi, yaitu tegangan tarik maksimum 470 MPa dan tegangan luluh 280 MPa. Paduan aluminium ini merupakan paduan aluminium yang memiliki mampu las rendah sehingga salah satu metode untuk meningkatkan kekuatan las adalah dengan menerapkan proses pengelasan friction stir welding (FSW). Salah satu perlakuan yang tepat dalam pengelasan FSW pada aluminium adalah memberikan pemanasan lokal di daerah sekitar las, dengan posisi pemanas berada didepantool las atau perlakukan transient thermal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan nilai kekuatan tarik pada paduan aluminium dengan pengelasan FSW tanpa pemanas dan pengelasan FSW dengan tambahan pemanas (transient thermal). Metode Penelitian dilakukan dengan pengelasan paduan aluminium plat 2024-T3 menggunakan teknik FSW tanpa pemanas dan teknik FSW dengan perlakuan transient thermal. Perlakukan panas (transient thermal) dilakukan dengan meletakkan pemanas di depan tool las. Kecepatan pengelasan FSW ditentukan adalah 12 mm / menit dan 1200 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tarik tertinggi ultimate tensile strength (σmax) diperoleh dari spesimen dengan las FSW tanpa perlakuan panas yaitu adalah 297,28 MPa. Perlakuan transient thermal dengan posisi heater di depan alur las menyebabkan penurunan nilai kekuatan tarik. Penurunan nilai tegangan tarik maksimum terjadi sekitar 32,2%, sedangkan nilai tegangan luluh terjadi penurunan dari spesimen tanpa pemanasan dengan spesimen yang menggunakan pemanasan (transient thermal) yaitu sebesar 32,5%. Hasil pengujian tarik juga menunjukkan bahwa terjadi patah getas dan lokasi patah berada pada daerah las.

Kata Kunci : Aluminium, FSW, Transient Thermal, Uji Tarik

Full Text:

Pdf

References


Aluminium, Thesis, University of Missouri Columbia.

Huang, T.D., Conrardy, C., Dong, P., Kvidahl, L., Decan, L., [2006], Distortion Mitigation Technique for Lightweight Ship Structure Fabrication, Northrop Grumman Ship Systems, Society of Naval Architects and Marine Engineers, US.

Lomolino,S., Tovo,R., Santos, J.D., 2004, Fatigue Behaviour of Friction Stir Welded Butt Joint in A6056 Alloy for Airframe Application, GKSS Forschungszentrum, Geesthacht, Germany.

Mandal,N.R., [2002], Aluminium Welding, Departement of Ocean Engineering and Naval Architecture ,India Institute of Technology Kharagpur, Kharagpur, India.

Michaleris, P., Sun, X., [2004], Finite Element Analysis of Thermal Tensioning Techniques Mitigating Weld Buckling Distortion, The Pennsylvania State University, University Park, PA, Battelle, Columbus, OH.

Mishra, R.S., Ma. Z.Y., [2005], Friction stir welding and processing, Institute of Metal Research, Chinese Academy of Sciences, Shenyang 110016, China ME 3701, Materials of Engineering Laboratory, LSU

Renolds A.P [1997], Factors Affecting The Properties of Friction Stir Welded Aluminium Lap Joints, Mechanical Eng Department, University Of South Carolina, Columbia.

Thomas,M.W., Nicholas . J., [1997], Friction Stir Welding for TransportationIndustries, TWI, Abington Hall, Abington, Cambridge CB1 6AL, UK.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats