Perencanaan Dan Penjadwalan Proyek Pada Pembangunan Gedung

Suparno Suparno

Abstract


Perencanaan merupakan salah satu fungsi vital dalam kegiatan manajemen proyek. Karena itulah untuk mencapai tujuan, manajemen harus membuat langkah-langkah proaktif dalam melakukan perencanaan yang komprehensif agar sasaran dan tujuan dapat dicapai. Perencanaan dikatakan baik bila seluruh proses yang ada di dalamnya dapat diimplementasikan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dengan tingkat penyimpangan minimal serta hasil akhir maksimal. Dalam pelaksanaan proyek konstruksi dibutuhkan sistem pengawasan penjadwalan agar proyek dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Penjadwalan proyek merupakan salah satu hasil dari perencanaan, yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan kemajuan proyek dalam hal kinerja sumber daya berupa biaya, tenaga kerja, metode, peralatan dan material serta rencana durasi proyek dan progres waktu untuk penyelesaian proyek. Dalam proses penjadwalan, penyusunan kegiatan dan hubungan antar kegiatan dibuat terperinci dan detail. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pelaksanaan evaluasi proyek. Tahap selanjutnya dari manajamen proyek adalah pengendalian. Pengendalian proyek merupakan salah satu fungsi dari manajemen proyek yang sangat mempengaruhi hasil akhir proyek, pengendalian mempunyai tujuan utama meminimalisasi segala penyimpangan yang dapat terjadi selama proses belangsungnya proyek. Penyebab dari kelemahan dalam hal perencanaan dan penjadwalan, evaluasi, dan pengendalian adalah faktor sumber daya manusia. Dengan demikian, suatu kebutuhan yang nyata, bahwa diperlukan penempatan tenaga yang tepat sesuai bidang keahliannya dalam upaya untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia pada pengelolaan proyek konstruksi yang dilakukan oleh kontraktor khususnya mengenai pencapaian target mutu, waktu, dan biaya.

Kata kunci: Tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya.


Full Text:

Pdf

References


Garold D. Oblender, , 1993. ”Project Management for Engineering and Construction”, McGraw-Hill International Editions, New York.

Harold Kerzner, Ph.D., 1992. “Project Management, A System approach to Planning, Scheduling, amd Controlling”, Fouth Edition, Van Nostrand Reinhold, New York.

Imam Soeharto, 1995. ”Manajemen Proyek, Dari Konseptual Sampai Operasional”, Jakarta: Erlangga.

James Taylor, 2000. ”The Project Management Workshop”, Amacom, American Management Association, New York.

Kevin Forsberg, 1996. ”Visualizing Project Management”, John Willey & Sons,Inc, New York.

Nancy Mingus, , 2002. ”Project Management”, Jakarta: Prenada Media.

Oberlender, Garold D., “Project Management for Engineering and Construction”, 2nd edition, McGraw-Hill, 2000

Purwokohadi, 1995. ”Manajemen Proyek Konstruksi”, Jakarta: Departemen PU.

Sukanto Reksohadiprodjo, 1997. ”Manajemen Proyek Edisi 4”, BPFE, Yogyakarta.

Tubagus Haedar Ali, 1992. ”Prinsip-prinsip Network Planning”, Jakarta: Gramedia.

SoemardiW. Biemo, Abduh Muhamad, Wirahadikusmah D. Reini, Pujoartanto Nuruddin, 2006. “Konsep Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi”, Makalah Hasil Riset ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v1i2.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats