Analisis Kekuatan Perkerasan Jalan Batas Ska Barat – Batas Kota Boyolali

Warsiti Warsiti, Risman Risman

Abstract


Salah satu prasarana transportasi darat adalah jalan raya. Penataan hubungan jalan yang satu dengan yang lain dari suatu wilayah (jaringan jalan )mempunyai peranan dalam melancarkan angkutan barang maupun manusia dari suatu daerah ke daerah yang lain. Suatu wilayah yang mempunyai konstruksi jalan yang baik maka transportasi juga akan berjalan baik, dampaknya pengendara merasa nyaman, kecelakaan berkurang, lalu lintas berjalan lancar, perekonomian meningkat. Kondisi perkerasan jalan akan dipengaruhi oleh jumlah dan jenis kendaraan yang lewat, kualitas bahan material, perawatan, kualitas drainase dsb. Dalam studi ini akan dibahas tentang perkerasan exsisting, masih memenuhi syarat ketebalan perkerasan untuk menahan beban LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) yang ada. Metode yang digunakan dengan membandingkan ITP exsisting dengan ITP berdasarkan data lalu lintas yang ada. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada IndekTebalPerkerasan( ITP exsisting ) Jl. Batas SKA Barat – Batas Kota Boyolali diperoleh 12,715 dan ITP berdasarkan data lalu lintas yang ada sebesar 12,45 Kesimpulan teketebalan perkerasan jalan raya Jl. Batas SKA Barat – Batas Kota Boyolali tahun 2015 masih memenuhi syarat ketebalan untuk menahan beban lalu lintas yang ada, sehingga belum perlu dilakukan Overlay atau penambahan tebal perkerasan.

Kata Kunci: LHR,CBR,FR,Struktur Perkerasan Jalan.


Full Text:

Pdf

References


Suki man Silvia 99 ”Perkerasan Lentur Jalan Raya” n it Nova, Bandung

--------------- 98 ”Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen” D pa t m n Pekerjaan Umum.

--------------- 989 ”Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen” Standa Nasional Indonesia).

--------------- ”Pelaksanaan Pekerjaan Jalan (Construction Engineer Of Roads) ” D pa t m n k jaan Umum.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v1i2.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats