Efektivitas Pendidikan Keterampilan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Untuk Membentuk Sikap Kemandirian

Muslimah Muslimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pendidikan ketrampilan bagi anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam membentuk sikap kemandirian di Sekolah Luar Biasa.Dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data.Adapun subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru-guru dan orang tua siswa SLB.Hasil penelitian menunjukkan penyelengaraan pendidikan keterampilan menjahit di SLB Ma’arif Muntilan sudah efektif karena sesuai dengan kebutuhan siswa, biayanya juga terjangkau, sarana prasarana cukup tersedia, dan dapat merubah kemampuan siswa dalam keterampilan menjahit.Perubahan ini terlihat dari kemampuan awal sebelum mengikuti keterampilan menjahit rata-rata baru 56% dari keseluruhan siswa. Sedangkan setelah mengikuti keterampilan menjahit para siswa yang sudah terampil mencapai 86%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang positif.Akan tetapi sasaran yang ingin dicapai melalui pendidikan keterampilan menjahit yaitu membentuk sikap kemandirian bagi para siswa ternyata belum bisa tercapai sepenuhnya.Oleh karena itu masih membutuhkan solusinya agar para siswa SLB-B dapat mandiri di kemudian hari.

Kata kunci :Efektifitas pendidikan ketrampilan, kemandirian, anak berkebutuhan khusus tunarungu.


Full Text:

Pdf

References


Aqila Smart, Rose. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Kata Hati

Gomes, Faustino Cardoso. 2000. Managemen Sumber Daya Manusia. Edisi I.Yogyakarta : Andi Offset.

Handayani, R. 2004. Perbedaan Tingkat Kemandirian antara Remaja yang Single Parent dengan Remaja yang Mempunyai Orangtua Utuh.Skripsi.Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hermansjah, Tamim. D. 2002. Diklat Sebagai Suatu Sistem.Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Marwiyah, Syarifatul. 2012. “Konsep pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup” dalam Jurnal Falasifa. Vol. 3, No. 1, 1 Maret 2012.

Meitaningrum, Dhita Ayu, dkk. “Efektifitas pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang)”. Dalam Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.3, h. 192-199.

Mu’tadin, Z. 2007. Kemandirian sebagai Kebutuhan Psikologis pada Remaja. www.e- psikologi.com

Somantri, T. Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyanto, Dwi. 2011. “Implementasi Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Penyelenggaraan Pendidikan keterampilan (Kecakapan) Hidup di Tingkat Pendidikan Dasar”. Dipresentasikan dalam Forum Diskusi Pustakawan Perpustakaan UM tgl. 9 Sept. 2011

Tanshzil, Sri Wahyuni. 2012. “Model Pembinaan Pendidikan Karakter pada Lingkungan Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri”. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.13 No. 2 Oktober 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v1i2.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ABOUT JOURNAL

 POLICIES

SUBMISSION

 PEOPLE


OFFICE INFORMATION

 Publisher : Politeknik Negeri Semarang  bangunrekaprima@polines.ac.id,  brmi.tekniksipil@gmail.com https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima
 Department of Civil Engineering, Politeknik Negeri Semarang (State Polytechnic of Semarang) Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275  +62 85877763164 For Journal Subscription

 View My Stats