ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE IRI DAN RCI (STUDI KASUS RUAS JALAN KLANGON-TEMPEL)

Detha Sekar Langit Wahyu Gutama, Widarto Sutrisno, Rizqi Mustofa, Apriadin Apriadin, Nofry Wanly Tommy

Abstract


Pentingnya jalan sebagai komponen krusial dalam sistem transportasi memungkinkan pergerakan manusia, barang, dan jasa di antara wilayah. Jalan yang baik adalah cermin dari pembangunan infrastruktur transportasi yang berkualitas. Namun, dengan meningkatnya lalu lintas kendaraan, sering kali jalan mengalami kerusakan. Untuk menangani masalah ini, diperlukan program penilaian kondisi jalan yang mampu menentukan jenis perawatan yang diperlukan. Dalam evaluasi ini, digunakan metode International Roughness Index (IRI) untuk mengukur tingkat ketidakrataan permukaan jalan dan Road Condition Index (RCI) untuk menilai tingkat kenyamanan berkendara atau performa jalan. Dari penggunaan aplikasi Roadlab Pro pada ruas jalan Klangon-Tempel STA 12+000 hingga 14+000, ditemukan bahwa kondisi jalan secara umum buruk. Nilai rata-rata IRI mencapai 6,16% untuk jalur kiri dan 6,76% untuk jalur kanan, menunjukkan bahwa permukaan jalan tidak rata dan bergelombang, yang bias mengakibatkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan. Melalui korelasi antara nilai IRI dan RCI, diperoleh nilai rata-rata RCI sebesar 6,35% untuk jalur kiri dan 5,91% untuk jalur kanan pada ruas jalan tersebut. Nilai-nilai RCI tersebut menunjukkan bahwa kondisi ruas jalan ini berada dalam tingkat pelayanan yang buruk. Oleh karena itu, diperlukan tindakan perawatan yang tepat guna meningkatkan kualitas jalan serta kenyamanan berkendara bagi pengguna jalan.

Keywords


Kerusakan Jalan, IRI, RC

Full Text:

PDF

References


Ing, Tan Lie, Septa Riana. 2019. Analisis Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan pada Jalan Lemahneundeut dengan Metode PCI dan RCI. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 15 No. 1 (2019). Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Rahmawati, Roselina, Rendy Dwi Pangesti, Rifqi Aulia Abdillah. 2021. Pemetaan Kondisi Jalan Berdasarkan Iri Roadroid Di Kabupaten Gresik Wilayah Selatan. Jurnal Riset Rekayasa Sipil. Vol 4, No 2 (2021). Prodi Sipil Fakultas Teknik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sukirman, Silvia. 1992. Perkerasan Lentur pada Jalan Raya. Bandung: Penerbit Nova.

Tho’atin, Umi, Ary Setyawan dan Mamok Suprapto. 2016. Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek 2016. Fakultas Teknik. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Wahyuni, Aulia, Lambang Basri Said dan Mukhtar Thahir Syarkawi. 2022. Analisis Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan dengan Metode International Roughness Index (IRI) dan Pavement Condition Index (PCI) Menggunakan Alat Mata Garuda. Jurnal Konstruksi: Teknik, Infrastruktur dan Sains. Vol. 1 No 04 (2022). Program Pascasarjana. Makasar: Universitas Muslim Indonesia.

Zulfikar, Ahmad, Ta’jul Arifin, St. Fauziah Badaron, Muhammad Haris, Alimin Gecong. 2019. Analisa Penilaian dan Penanganan Kondisi Jalan Menggunakan metode SDI, RCI dan IRI di Ruas Jalan Maros – Pangkep. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil (JILMATEKS). Volume 1 Nomor 3 Juli 2019. Makasar: Universitas Muslim Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i2.5310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats