KAJIAN PENANGANAN KERUSAKAN STRUKTUR RIGID PAVEMENT MELAUI DESAIN ULANG TULANGAN BETON DAN WIREMESH (STUDI KASUS JALAN XYZ)

Junaidi Junaidi, Supriyadi Supriyadi, Anis Wahyuni, M. Rifqi Mubarok

Abstract


Jalan tol merupakan infrastruktur penting untuk melancarkan konektivitas dari satu tempat ke tempat lain serta mengurangi waktu perjalanan kendaraan. Salah satu jalan tol yang dalam tahap pembagunan di Indonesia adalah Jalan Tol XYZ. Proyek jalan tol ini terdiri dari pekerjaan slab on pile, pekerjaan timbunan, pekerjaan jembatan, pekerjaan perkerasan kaku (rigid pavement) dan perkerasan lentur (flexible pavement). Dalam pekerjaan perkerasan kaku, proyek ini terjadi permasalahannya itu terjadi keretakan perkerasan kaku yang berada diatas box culvert yang pada struktur bawahnya dilakukan perbaikan tanah menggunakan tiang pancang. Oleh karena itu, tulisan ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keretakan tersebut serta mengusulkan solusi teknisnya sehingga hasilnya dapat digunakan untuk menjadi referensi dalam pekerjaan selanjutnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah proses pengecoran perkerasan kaku, tanah dasar di bawahnya masih mengalami penurunan sebesar 10 mm dan 6 mm. Akibatnya timbul keretakan pada struktur perkerasan kaku karena perbedaan penurunan dari box culvert yang diasumsikan tidak mengalami penurunan kembali dengan timbunan di sekitarnya yang masih mengalami penurunan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa desain perkerasan kaku menggunakan tulangan tunggal sehingga kapasitas beton (Mu) lebih kecil dari berat beton itu sendiri yang berakibat beton mengalami keretakan. Penanganan perbaikan yang diusulkan adalah plat beton bertulang yang awalnya menggunakan tulangan tunggal diubah menjadi tulangan ganda yang diletakkan pada daerah tarik dan tekan penampang beton agar mampu menahan gaya tekan yang timbul dari tanah dan dari beban lalulintas yang lewat. Selain itu juga ditambahkan tulangan wiremesh pada daerah tarik beton agar jika terjadi penurunan tanah masih mampu menahan beban tersebut.


Keywords


Rigid pavement, penurunan tanah, tulangan beton, wiremesh

Full Text:

PDF

References


Abduh, R.M. 2022. Studi Kerusakan Dan Pendekatan Perbaikan Perkerasan Kaku (Rigid pavement) Jalan Tol Bakauheni Terbanggi Besar Pada Ruas Sidomulyo STA 39+400 – Kotabaru STA 80+000. Tesis. Program Pascasarja Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lampung

Bulan, M.P., Aji Suraji, Agus Tugas Sudjianto. 2021. Identifikasi Kerusakan Jalan Perkerasan Kaku Untuk Program Preservasi Jalan. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-24, Universitas Indonesia – Universitas Pembangunan Jaya, 4-6 November 2021

Cascone, Ernesto and Giovanni Biondi. 2013. A Case Study on Soil Settlements Induced by Preloading and Vertical Drains. Jurnal of Geotextiles and Geomembranes, Vol. 38 (2013) pp. 51-67, Department of Civil Engineering, University of Messina, Italy

Dhakal, Nirmal, Mostafa A. Elseifi, Zhongjie Zhang. 2016. Mitigation strategies for reflection cracking in rehabilitated pavements – A synthesis. International Journal of Pavement Research and Technology, Vol. 9 (2016) pp. 228–239, Department of Civil and Environmental Engineering, Louisiana State University, United States

Efendi, Aflah Baihaqi, Indra Nurtjahtjaningtyas & Luthfi Amri Wicaksono. 2019. Evaluasi Penurunan Akhir Tanah Di Lapangan Menggunakan Metode Observasional: Asaoka Dan Hiperbolik Pada Proyek PPKA Seksi 2 Palembang Sumatra Selatan. Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan Vol. 3, No. 1, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jember.

Harahap, R.A. 2018. Identifikasi Jenis Kerusakan Pekerasan Kaku (Rigid pavement) Pada Ruas Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Hardiyatmo, Harry C. 2010. Mekanika Tanah 2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hartono, J., Hinawan Teguh Santoso. 2021. Kajian Kerusakan Wet Lean concrete & Concrete Pavement Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Balikpapan Samarinda. Jurnal ORBITH VOL. 17 NO. 2 Juli 2021 : 134 - 145

Kuswanda, Wahyu P. 2016. Perbaikan Tanah Lempung Lunak Metoda Preloading Pada Pembangunan Infrastruktur Transportasi Di Pulau Kalimantan. Prosding Seminar Nasional Geoteknik, Teknik Sipil, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Pasaribu, H., & Manapar, T.S. 2021. Hubungan Kekuatan Tanah Dasar Dengan Perkerasan Kakuk (Rigid Pavement). Jurnal Teknik Sipil Vol.1, No.1, Fakultas Teknik, Universitas HKBP Nommensen, Medan.

Pranowo, G. 2020. Dampak Tol Trans Jawa Terhadap Pergerakan Ekonomi Jawa Tengah. Webinar Nasional Konektifitas Prasarana Jalan Untuk Kesejahteraan Bangsa, Kementerian PUPR, 21 Desember 2020

Putra, S.A., Nuryasin Abdillah. 2020. Analisa Kerusakan Jalan Beton (Studi Kasus Jalan Arifin Ahmad Kota Dumai). Jurnal UNITEK. Vol. 13 No. 1 Januari – Juni 2020

Radityasaka, J. 2021. Analisis Kerusakan Perkerasan Kaku Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI), Alternatif Solusi Dan Biaya Perbaikannya (Studi Kasus: Ruas Jalan Boyolali – Musuk STA 0+000 Sampai STA 3+800). Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rahman, H. 2021. Konsep Dasar dan Aspek Material Perkerasan Kaku, Training & Workshop Persyaratan Mutu Struktur Perkerasan Kaku (Rigid pavement) Dan Aplikasi Di Lapangan. INSPIRASI SIPODEM, 16 - 17 Nopember 2021

Susiazti, Heny, Masayu Widiastuti & Rusfiana Widyanti. 2020. Analisis Penurunan Konsolidasi Metode Preloading Dan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Jurnal Teknologi Sipil Vol. 4, No. 1, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Tan, Siew Annand Soon Hoe Chew. 1996. Comparison of the Hyperbolic and Asaoka Observational Method of Monitoring Consolidation with vertical drains. Journal of Soils and Foundations Vol. 36, No. 3, pp. 31-42, Sept. 1996, Japanese Geotechnical Society

Xiao, Danny X., and Zhong Wu. 2018. Longitudinal Cracking of Jointed Plain Concrete Pavements in Louisiana: Field Investigation and Numerical Simulation. International Journal of Pavement Research and Technology, Vol. 11 (2018) pp. 417–426, University of Wisconsin-Platteville, Wisconsin 53818, USA

Wasono, S.B., Atik Wahyuni, Adhi Muhtadi. 2019. Analisis Penyebab Kerusakan Perkerasan Jalan Beton di Ruas Jalan Kapten Darmo Sugondo Gresik. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Volume 18, Nomor 2, Agustus 2019, Hal. 337 - 344.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i2.5206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ABOUT JOURNAL

 POLICIES

SUBMISSION

 PEOPLE


OFFICE INFORMATION

 Publisher : Politeknik Negeri Semarang  bangunrekaprima@polines.ac.id,  brmi.tekniksipil@gmail.com https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima
 Department of Civil Engineering, Politeknik Negeri Semarang (State Polytechnic of Semarang) Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275  +62 85877763164 For Journal Subscription

 View My Stats