ANALISIS SKALA PRIORITAS PEMELIHARAAN KOMPONEN TRANSPORTASI VERTIKAL GEDUNG TELKOM REGIONAL IV JATENG & DIY

Erni Andayani, Adi Sumartanto, Supriyo Supriyo, Dedi Budi Setiawan

Abstract


Pemeliharaan bangunan gedung merupakan kegiatan menjaga/mempertahankan bangunan gedung, komponen beserta sarana dan prasarana didalamnya agar tetap laik fungsi. Saat ini, salah satu masalah yang sering dijumpai pada sebuah gedung adalah kurangnya kesadaran manajemen program pemeliharaan komponen transportasi vertikal bangunan gedung yang sesuai dengan kebutuhan penghuni gedung. Hal ini berisiko dapat memengaruhi kenyamanan dan produktivitas kerja para penghuni gedung. Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut dilakukanlah analisis prioritas program pemeliharaan terhadap komponen transportasi vertikal dengan mempertimbangkan aspek keselematan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahannya menggunakan metode Analytical Network Process (ANP). Penentuan bobot setiap komponen didapatkan dari hasil pengolahan data kuesioner penilaian kepentingan komponen transportasi vertikal. Hasil analisis menunjukkan, prioritas kegiatan yang diutamakan adalah perbaikan dengan bobot 63,00%, prioritas aspek yang diutamakan adalah keselamatan dengan bobot 56,00% dan prioritas komponen yang diutamakan adalah lift penumpang dengan bobot 53,00%.


Keywords


Skala Prioritas, Pemeliharaan Gedung, Transportasi Vertikal, Analytical Netwrok Process (ANP)

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya. 2008. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.24/PRT/M/2008 Tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Indonesia. 2003. Undang-Undang RI No. 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung. Jakarta: Panca Usaha.

Mandani, T., dkk. 2020. Penentuan Prioritas Penanganan Komponen Bendungan Cengklik Di Kabupaten Boyolali Menggunakan Analytical Network Process. Jurnal Riset Rekayasa Sipil, 3(2), 74-83.

Saaty, T. L. 2006. Decision Making with the Analytic Network Process. International Series in Operations Research & Management Science, 95, 1- 26.

Santosa, S., dkk. 2019. Penentuan Prioritas Perbaikan Gedung Menggunakan Metode Ahp Dari Sudut Pandang Tenant. Wahana Teknik Sipil: Jurnal Pengembangan Teknik Sipil, 24(2), 89-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i2.5132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats