PENGUJIAN TANAH SETRA TUNON DESA ADAT PEJATEN, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN TABANAN, BALI

I Gede Bambang Wahyudi, I Nyoman Suardika, Putu Hermawati, Ni Kadek Sri Ebtha Yuni, Ni Putu Indah Yuliana, Anak Agung Putri Indrayanti

Abstract


Desa Adat Pejaten terletak di Desa Pejaten, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Setra Tunon yaitu tempat pemakaman sementara bagi masyarakat Hindu untuk menunggu waktu yang tepat dalam melaksanakan upacara Ngaben. Saat ini kondisi dinding penahan tanah yang ada telah mengalami kerusakan. Oleh karena itu Desa Adat Pejaten berencana melakukan rekonstruksi secara bertahap untuk mencegah keruntuhan tanah yang lebih parah. Sebelum dilakukannya rekonstruksi/pembangunan perlu dilakukan pengujian tanah untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi lapisan tanah dan parameter tanah. Hasil penyelidikan tanah akan digunakan untuk keperluan desain dan perencanaan dinding penahan tanah. Metode pelaksanaan yang dilakukan pada pengabdian masyarakan ini adalah dengan mengumpulkan data primer dan data yang diperoleh dilakukan dengan melakukan pengujian baik dilapangan maupun di laboratorium. Hasil pengujian tanah berupa Bor dan SPT menunjukkan Elevasi tanah keras berada pada kedalaman -9 meter diukur dari dudukan mesin bor (muka tanah di permukaan setra). Hasil pengujian laboratorium dengan kedalaman setiap 3 meter menunjukkan nilai kohesi sebesar 0,039, nilai sudut geser sebesar 35,47 derajat, Berat Satuan tanah sebesar 1,68 gr/cm3, Nilai kelembaban sebesar 14.04 % dan Nilai Spesific Gravity (Gs) sebesar 2, 47 .hasil dari pengabdian ini dapat dimanfaatkan selanjutnya untuk gambar perencanaan dan menyusun rencana anggaran biaya (RAB) pada kegiatan pengabdian selanjutnya sehingga permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat terselesaikan dengan tuntas.


Keywords


Pengujian Tanah, Boring, Analisa Lereng, Setra Tunon

Full Text:

PDF

References


Das, Braja M. 1993. Mekanika Tanah (Prinsip - Prinsip Rekayasa Geoteknik). Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Das, Braja M, Endah, N.M, Mochtar, I.S.B., 1994. Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Craig, R.F, Budi Susilo. 1991. Mekanika Tanah, Edisi keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rus, Tatag Yufitra, Sunarno dan Fadilla Eka Nur Aprilla Irwaniansyah. 2021. Analisa Perbandingan Daya Dukung Tiang Pancang Mengunakan Data Uji Laboratorium, N-Spt, Dan Cpt Terhadap Nilai Uji Pile Driving Analyzer (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Pt. Kaltim Amonium Nitrat Di Kota Bontang). Prosiding SNITT Poltekba Vol.5. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan.

Sunariyono, Isnaniati, Dio Alif Hutama. 2019. Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Bored Pile Menggunakan Hasil Uji Sondir, Spt Dan Laboratorium Pada Proyek Pembangunan Apartemen 88 Avenue Surabaya. AGREGAT Vol. 4, No. 2, November 2019 : Hal 358-367. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i2.5090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats