WORKSHOP PENGUATAN INOVASI UMKM DAN PRODUK UNGGULAN KAMPUNG TEMATIK KABUPATEN TANGERANG

Sucipto Basuki, Winanti Winanti, Francisca Sestri Gosestjahjanti, Miyv Fayzhall, Novan Karyadi, Badriyatul Lael, Niken Yulia Rahmandani, Rosi Mulyani, Beby Tiara

Abstract


Kegiatan workshop penguasatan inovasi UMKM dan produk unggulan yang ada di 16 kampung tematik di kabupaten Tangerang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Insan Pembangunan Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan produk UMKM menjadi produk yang unggul dengan inovasi-inovasi sehingga dapat bersaing dengan produk lain. Kegiatan diikuti oleh para pelaku usaha UMKM di 16 kampung tematik, dosen, mahasiswa dan masyarakatumum. Narasumber diambil dari 3 orang dengan bidang dan keahlian yang berbeda untuk melihat inovasi UMKM menjadi produk yang unggul dilihat dari persepektif penggiat kampung tematik, pengusaha, praktisi dan pembuat kebijakan perundang-undangan. Para peserta antusias dalam mengikuti workshop initerbukti dengan berbagai pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber. Kegiatan workshop ini akan lebih menarik apabila dilakukan secara kontinyu dan dilanjutkan dengan workshop mengenai strategi pemasaran produk UMKM secara digital.

Keywords


Workshop, Inovasi, UMKM, Produk Unggulan, Kampung Tematik

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Anggaran. https://anggaran.kemenkeu.go.id/in/post/dukungan-program-pen-bangkitkan-umkm (accessed Jul. 16, 2022).

Pemkab Tangerang. 2022. Pelepasan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK dan STIE Insan Pembangunan. Pemkab tangerang. https://www.facebook.com/pemkabtangerang/videos/3025087811063984/ (accessed Jul. 13, 2022).

Repost Profil Kampung Tematik Drum Bujana - STIE & STMIK Insan Pembangunan - YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=uX6M3yJI6q0 (accessed Jul. 16, 2022).

Tamara, A.P, & Rahdriawan, M. 2018. Kajian Pelaksanaan Konsep, Kamung Tematik di Kampung Hidroponik Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang. Jurnal Wilayah dan Lingkungan 6 (1) 40-57. https://doi.org/10.14710/jwl.6.1.40-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.4022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats