SURVEI SIMPANG BERSINYAL (Studi Kasus: Persimpangan Jl. KH. Sirojudin – Jl. Banjarsari Selatan – Jl. Jatimulyo)

Leily Fatmawati, Arief Subakti Ariyanto, Duha Nur Fitri, Maharani Nur Zakiya, Timotius Argo Prasetya Priono, Wijil Dwi Julianto

Abstract


Kelurahan Tembalang merupakan salah satu daerah yang berkembang pesat di kota Semarang. Hal ini dikarenakan daerah Tembalang dekat dengan area kampus, seperti Politeknik Negeri Semarang, Universitas Pandaranan, Politeknik PUPR, dan Universitas Diponegoro. Hal ini akan berdampak pada peningkatan arus lalu lintas karena banyak kendaraan / sarana transportasi tidak sebanding dengan pertumbuhan atau lalu lintas yang memadai. Permasalahan yang paling pokok adalah arus lalu lintas yang sering tersendat dan terjadi tundaan karena perbandingan kapasitas jalan dan volume lalu lintas tidak seimbang, sehingga harus di evaluasi agar dapat melayani kendaraan yang lewat saat ini maupun akan datang. Transportasi merupakan salah satu sarana penting kehidupan. Masalah transportasi perlu mendapatkan perhatian. Lokasi penelitian dilaksanakan di Jalan KH. Sirojudin-Jalan Banjarsari Selatan-Jalan Jatimulyo yang merupakan salah satu jalan dalam kota yang sibuk dan padat dalam melayani arus lalu lintas dari selatan ke utara, untuk mengetahui apakah kinerja dari ruas jalan pada simpangan tersebut telah memenuhi kebutuhan masyarakat lalu menganalisa tingkat pelayanan lalu lintas pada simpangan tersebut. Perhitungan analisa dan perencanaan dalam penelitian menggunakan analisi metode MKJI 199, dengan mengumpulkan data primer diperoleh langsung pada lokasi penelitian berupa data geometri jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, dan waktu siklus, sedangkan untuk data sekunder berupa data jumlah penduduk dan peta lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh nilai tingkat pelayanan dan DS (Derajat Kejenuhan), pada simpangan KH. Sirojudin-Jatimulyo merupakan kelas C dimana arus lalu lintas stabil namun kecepatan semakin terbatas.

Keywords


Transportasi, Simpangan, Kinerja Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan

Full Text:

PDF

References


-----. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesi (MKJI). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI.

Pignataro, L.J. 1973. Traffic Engineering: Theory and Practice, Prantice Hall Int. Englewood Cliffs, N.J.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats