KOMPARASI KAPASITAS DAYA DUKUNG TIANG PANCANG BERDASARKAN DATA N-SPT, KALENDERING, DAN PDA TEST (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang ”“ Demak Seksi 2: STA 10+690 s.d. 27+000)

Authors

  • Nindita Pratama Politeknik Negeri Semarang
  • Prajna Estetikaning Nagari Politeknik Negeri Semarang
  • Sudarmono Sudarmono Politeknik Negeri Semarang
  • Karnawan Joko Setyono Politeknik Negeri Semarang
  • Anung Suwarno Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3969

Keywords:

Tanah Lunak, N-SPT, Kalendering, PDA Test, Daya Dukung Friksi

Abstract

Ruas Jalan Tol Semarang ”“ Demak diharapkan dapat mengatasi kemacetan di jalur pantura Semarang-Demak-Surabaya yang sudah melebihi kapasitas. Jalan Tol Semarang ”“ Demak Seksi 2 dibangun di atas tanah lunak dan mempunyai karakteristik daya dukung rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, dipilih konstruksi jalan dengan sistem struktur plat pada tiang (Slab on Pile). Konstruksi plat tiang mempunyai daya dukung yang baik untuk kondisi tanah tersebut, dimana beban konstruksi bagian atas ditahan oleh gaya geser (gaya gesek) sepanjang selimut tiang, Sistem Slab on Pile menggunakan perhitungan kapasitas daya dukung friksi. Penentuan kapasitas daya dukung tiang dapat dilakukan metode empiris: berdasarkan data N-SPT (Standart Penetration Test) menggunakan metode Meyerhoff (1976) dan kontrol akhir dengan data kalendering menggunakan metode Hilley (1930) serta PDA Test ( Pile Driving Analyzer) dengan analisis CAPWAP (Case Pile Wave Analysis Program). Berdasarkan penelitian diperoleh daya dukung kalendering terhadap jumlah segmen dari konfigurasi tiang pancang menunjukkan peningkatan secara linear. Perbandingan daya dukung tiang pancang berdasarkan metode empiris yaitu data N-SPT dengan metode Meyerhoff cenderung memiliki nilai daya dukung yang lebih kecil dari hasil pengujian dinamik melalui PDA. Sedangkan berdasarkan kalendering menggunakan metode Hilley menunjukan nilai daya dukung yang relatif sama dengan PDA, hal ini karena keduanya merupakan tes dinamik.

Author Biographies

Nindita Pratama, Politeknik Negeri Semarang

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Semarang

Prajna Estetikaning Nagari, Politeknik Negeri Semarang

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Semarang

Sudarmono Sudarmono, Politeknik Negeri Semarang

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Semarang

Karnawan Joko Setyono, Politeknik Negeri Semarang

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Semarang

Anung Suwarno, Politeknik Negeri Semarang

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Semarang

References

Aldino, R. 2019. Tinjauan Perbedaan Kuat Dukung Tiang Tungal Antara Dta Kalendering,Data SPT,dan Data PDA Test pada Tiang Pancang No.7 dan No. 25 Pile Cap No.1 Overpass Sta 58+250 Proyek Jalan Tol Pekanbaru - Dumai. Pekanbaru: Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Meyerhof G.G. 1976. Bearing Capacity and Settlement of Pile Foundations, ASCE: Journal Geotechnical and Geoenvironmental Engineering Division. Vol. 102, No. GT 3.

Putri, R. M. 2017. Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Berdasarkan Hasil Pile Driving Analyze (PDA) Test dan Standard Penetration Test (SPT). Jember: Universitas Jember.

Sagita, M. A., Fahriani, F., & Apriyanti, Y. 2020. Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Hasil Uji SPT dan Uji Beban Dinamis pada Proyek Pengganti Jembatan Baturusa. Prosiding Seminar Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, 1-4.

Downloads

Published

2022-10-28