KINERJA TUNDAAN LALU LINTAS DI SIMPANG PATUNG DIPONEGORO NGESREP PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL SEMARANG

Warsiti Warsiti, Risman Risman, Lilik Satriyadi, Tedjo Mulyono, Dedi Budi Setiawan

Abstract


Volume lalu lintas Kota Semarang mengalami peningkatan setiap tahunnya yang diakibatkan bertambahnya jumlah kepemilikan kendaraan. Dengan memperhatikan kondisi geometri jalan, volume arus lalu lintas, hambatan samping dan lingkungan simpang yang merupakan daerah komersil, maka dicoba untuk diatasi dengan menganalisis tundaan pada simpang tersebut. Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survey di lapangan untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder yang kemudian akan diolah dengan menggunakan manajemen simpang. Perencanaan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan menggunakan program Excel 2013 untuk mengolah data lalu lintas. Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 3 hari (10, 13, dan 15 Mei 2017) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan dan kemudian perilaku lalu lintas simpang dapat dianalisis. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa persimpangan Simpan Ptung Diponegoro Ngesrep memiliki nilai Derajat Kejenuhan (DS) = 1.14. Nilai ini telah melewati nilai derajat kejenuhan yang disarankan oleh MKJI 1997 untuk simpang bersinyal yaitu DS ≤ 0,85. Hasil analisis menunjukkan bahwa tundaan rata–rata simpang tertinggi 335.84 detik, maka simpang ini memiliki memiliki Tingkat Pelayanan (LOS) F (>60).

Keywords


Tundaan, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan

Full Text:

PDF

References


Darma. 1997. Tundaan Dan Panjang Antrian pada Simpang Bersinyal dengan Model Simulasi. Tugas Akhir Sarjana Teknik. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Hariwijaya dan Triton. 2008. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Yogyakarta: Percetakan Horiza.

Morlok Edwart K. 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Risdiyanto. 2008. Perbandingan Tundaan Simpang Bersinyal Dengan Metode MKJI 1997 Dan Metode Survei Lapangan. Yogyakarta: Universitas Janabadra




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats