KAJIAN SHOLAT KHUSYUK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3965Keywords:
Sholat khusyuk, kepribadian, mahasiswa Teknik Sipil, PolinesAbstract
Islam mengajarkan bahwa untuk membentuk perilaku yang baik dan menghindari perilaku yang buruk maka perlu menegakkan sholat ( Q.S. Al-Ankabut : 45 ). Untuk membentuk perilaku yang baik dan menghindari perilaku yang buruk ternyata tidak sembarang sholat, karena di Al-Qur an ada kecaman bagi orang yang sholatnya tidak sungguh sungguh. “Maka celakalah orang yang sholat yaitu orang yang lalai dalam menjalankan sholatnya” (Q.S. Al-Ma”™un : 4-5). Sholat yang bisa membentuk perilaku baik dan menghindari perilaku buruk adalah sholat yang dilakukan dengan penuh kekhusyuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekhusyuan mahasiswa Teknik Sipil Polines dalam menjalankan sholatnya dan pengaruhnya terhadap perilaku. Hasil dari penelitian ini 99,2% mahasiswa ketika sholat merasa dekat dengan Allah, 97,2 % mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Polines menjalankan sholat khusyuk dengan menundukkan muka, 93,2 % Sholat khusyuk dengan mengingat kematian, 72 % mahasiswa sholat khusyuk sambil meneteskan air mata, 98 % mahasiswa setelah sholat merasa tenang, 98 % setelah sholat khusyuk tidak berani melakukan kemaksiatan, 93,3 % setelah melakukan sholat khusyuk tidak berani curang atau berbohong.References
Abu Sangkan. 2005. Pelatihan Sholat Khusyu. Jakarta: Baitul Ihsan.
Al-Asqolani, Ibnu Ajar. 2006. Terjemah Bulghul-Marom oleh A.Hasan. Bandung: Diponegoro.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Departeman Agama RI, 2002. Al-Qur”™an Al-Karim dan Terjemahannya. Semarang: PT. Karya Toha Putra.
Moleong, L.J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.