ANALISIS PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN MONDOROKO KEC. SINGOSARI, KAB. MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3963Keywords:
Volume, U-Turn, Kapasitas, Tingkat Pelayanan JalanAbstract
Peningkatan volume kendaraan yang tidak diimbangi dengan kinerja jaringan jalan yang baik dapat mengakibatkan terjadinya kemacetan. Perlambatan kendaraan ketika melakukan U”“Turn juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat dan berhenti. Dengan studi kasus Ruas Jalan Raya Mondoroko, maka dalam penelitian ini akan mengetahui tingkat pelayanan jalan saat ini dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, sehingga dapat menentukan penanganan yang tepat untuk meningkatkan kinerja jalan. Penelitian dilakukan selama 7 hari pada jam puncak yaitu pagi hari pukul 06.00 ”“ 08.00 WIB, siang hari pukul 11.00 ”“ 13.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 ”“ 18.00 WIB. Penelitihan ini mendapatkan data volume arus lalu lintas terbesar terjadi pada hari Senin yaitu 10.728 kend/jam dengan kapasitas jalan 3135 skr/jam. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka kategori Tingkat Pelayanan Jalan E dan F, yaitu menjelaskan bahwa Ruas Jalan Raya Mondoroko mengalami kemacetan yang disebabkan oleh fasilitas U-Turn.References
Heddy R, Agah. 2007. Perhitungan Tundaan Pada Fasilitas Putaran Balik (U-Turn) di Jakarta
Departemen Kimpraswil. 2004. Pedoman Konstruksi dan Bangunan tentang Perencanaan Median Jalan
Hanifah, I. N. 2019. Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Taman Sidoarjo. V (Oktober), 25”“32.
Lefrandt, L. I. R., & Timboeleng, J. A. (2019). Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Robert Wolter Monginsidi Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 7(12), 1569”“1584.
PKJI. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Perkotaan (PKJI).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.