PELATIHAN SAP 2000 V14 UNTUK KONSULTAN PERENCANAAN DAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL UPGRIS DAN UNISNU

Ngudi Hari Crista, Trias Widorini, Bambang Purnijanto

Abstract


SAP 2000 merupakan salah satu program yang sangat populer karena kemampuan dan fasilitas yang tersedia dalam program komputer yang mampu menghasilkan proses analisis dan desain secara cepat dan efisien. Salah Satu alternatif dalam membantu proses belajar khususnya untuk membantu PT. Pola Dwipa sebagai konsultan perencana, mahasiswa UPGRIS dan UNISNU untuk dapat lebih memahami dan mengetahui perhitungan. Proses desain dan analisis perlu adanya alat bantu guna mempermudah pengerjaan dan memperkecil resiko kesalahan dalam mengerjakan tugas perencanaan khususnya desain struktur.Banyaknya perhitungan struktur yang kompleks dan rumit tersebut membuat mahasiswa teknik sipil mengalami kesulitan. Dengan mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan pelatihan yang bersifat presentasi, tutorial dan praktik serta ditambah dengan penggunaan modul sebagai bantuan dalam melakukan kegiatan tersebut, maka kegiatan pelatihan software SAP 2000 yang dititik beratkan pada pemodelan, pemasukan input beban grafitasi, serta pembacaan desain hasil output dapat terlaksana dengan baik.  Hal ini dapat terlihat dari hasil nilai yang baik, yaitu preetest adalah 55,22% dan posttest meningkat menjadi 86,57%. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan dalam mengaplikasikan software analisis desain ini.

Keywords


Model Geometri Beban Gravitasi, SAP 2000

Full Text:

PDF

References


Crista,Widorini, Purnijanto, Simanihuruk. 2021. Membuat Struktur bangunan Perkantoran dengan SAP 2000 V14. Semarang:USM Press.

Crista,Widorini. 2018. Belajar Mandiri Membuat Struktur Dua Lantai dengan SAP 2000 V14. Yogyakarta: Andi Offset.

Crista,Widorini, Komala. 2020. Belajar Desain Gedung Lima Lantai dengan ETABS v.16.0.2. E.book

Computers and structures, Inc. SAP Versi 7.42, Tutorial. 1995. Pushover Analysis. California: University Avenue. Barkeley.

Pramono Handi & Rekan. 2007. Desain Konstruksi Plat & Rangka Beton bertulang dengan SAP2000 Versi 9. Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats