KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET DALAM MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI

Muslimah Muslimah, Marya Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat keefektifan media pembelajaran Google Classroom dan Google  Meet  dalam meningkatkan karakter belajar mahasiswa . Pendekatan penelitiannya kuantitatif dan jenisnya korelasional. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun menurut model skala likert.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (korelasi parsial dan regresi ganda) menggunakan program IBM SPSS Statistic 25 . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun menurut model skala likert. Hasil peneltian menunjukan bahwa tes kemampuan akhir yang diperoleh responden sangat bervariatif sesuai dengan kriteria ketuntasan. Uji validitas menunjukkan bahwa semua item indikator adalah valid. Hasil uji reliabilitas terhadap keseluruhan variabel adalah reliabel. Dalam Uji normalitas menunjukkan bahwa semua data adalah normal. Pada Uji linieritas terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel motivasi (X) dengan variabel Media Pembelajaran (Y). Berdasarkan hasil uji multikolinieritas antar variabel tersebut tidak terjadi multikolinieritas.   Kesimpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Classroom dan Google  Meet dalam meningkatkan karakter belajar mahasiswa di masa pandemi 89,3%  sangat efektif digunakan.

Keywords


Media Pembelajaran, Google Classroom, Google Meet, dan Karakter Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Anshori. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Dalam Jurnal Islamic Education: 1 (2).

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design, Educational Technology Publications Inc. New Jersey: Englewood Cliffs

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

DL, Ningrum. 2019. Strategi Pembelajaran dalam Menumbuhkan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mujahidin 1 Pontianak. Dalam Jurnal Untan.

Fazar Nuriansyah. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid -19. Dalam Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1 ( 2).

Hakim, A.B., 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Dalam I STATEMENT: Information System and Technology Management. 2(1).

Hamid, Mustafa Abi dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Hariwati dan Khotimah, N. 2016. Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak kelompok B. Dalam Jurnal PAUD Teratai. 5 (2).

I Wayan Eka Santika. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Dalam IVCEJ (Indonesian Values and Character Education Journal). 3 (1).

Kiky Rizky Nova Wardani dan Ratno Jamalludin. 2021. Efektifitas Penggunaan Google Classroom terhadap Pembelajarn dan Hasil Belajar. Dalam JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas). 6 (1).

Luthfan Zhafiri. 2021. Studi Literatur Efektifitas E-Learning melalui Edmodo dan Google Classroom dalam Pembelajaran di SMK. Dalan Jurnal IT-EDU. 05 (02).

Maria J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas.

Rusnaini. 2021. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Character Education in Network Learning in The Covid-19 Pandemic. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021.

Sutatik, N., & Hasibuhan, R. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Anak Kelompok Cerdas di PAUD AL-Amin melalui Metode Latihan. Dalam Jurnal Mahasiswa.Unesa.ac.id, 8.

Thorne, Kaye. 2013. Blanded Learning: hhow to Integratet Online and Traditional Learning. USA: Kogan Page Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i1,%20April.3547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats