PRAKIRAAN DEBIT BANJIR RENCANA UNTUK EVALUASI DAYA TAMPUNG SISTEM DRAINASE DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH BARAT, KECAMATAN CEMPAKA PUTIH, JAKARTA PUSAT

Fikri Praharseno, Teguh Mulyo Wicaksono, Vemi Widoanindyawati

Abstract


Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang rawan dilanda bencana banjir. Selain faktor curah hujan yang tinggi, beberapa faktor penyebab banjir di wilayah ini adalah kurang maksimalnya kinerja dari saluran dan sungai yang ada di wilayah tersebut yang diakibatkan oleh adanya sedimentasi maupun sampah yang menumpuk di sungai dan saluran drainase serta berkurangnya daerah resapan air akibat adanya peningkatan perkembangan pada sektor pembangunan. Kecamatan Cempaka Putih, khususnya di kelurahan Cempaka Putih Barat menjadi salah satu wilayah yang hampir setiap musim penghujan terjadi genangan atau banjir. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian mengenai debit dari saluran yang ada serta debit banjir rencana di wilayah tersebut. Sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dari kapasitas atau daya tampung sistem drainase di wilayah tersebut. Data-data yang diperlukan untuk menghitung debit rencana antara lain adalah data curah hujan, luas cachment area serta keadaan drainase eksisting. Debit banjir rencana yang digunakan adalah debit banjir dengan periode ulang 5 tahunan, hasil perhitungan didapat debit banjir rencana untuk periode ulang 5 tahun sebesar 2,649 m3/detik. Sedangkan daya tampung saluran eksisting hanya sebesar 2,434 m3/dtk. Dari hasil analisis tersebut, syarat Qs > Qt Tidak terpenuhi. Sehingga perlu dilakukan perbaikan atau redesain saluran drainase eksisting di wilayah tersebut.

Keywords


Sistem saluran drainase, curah Hujan, debit banjir rencana, daya tampung saluran

Full Text:

PDF

References


SNI 03-2415-1991. 1991. Metode Perhitungan Debit Banjir. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

SNI 2415:2016. 2016. Tata Cara Perhitungan Debit Banjir Rencana. Jakarta : Badan Standardisasi Nasional.

Made , I Kamiana. 2011. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Limantara, Lily Montarcih. 2010. Hidrologi Praktis. Bandung: Lubuk Agung.

Chow, V. T. 1992. Hidrolika Saluran Terbuka. Jakarta: Erlangga.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Cempaka Putih Dalam Angka.

Bangun Rekaprima Vol.07/2/Oktober/2021 44

Jakarta : BPS Kota Jakarta Pusat

Praharseno, Fikri, dan Heri Suprapto. 2012. Perencanaan Sistem Drainase Di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Skripsi. Depok: Universitas Gunadarma.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.2995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats