RANCANG BANGUN PISAU PEMOTONG JERAMI PADA MESIN PENGHANCUR JERAMI PADI

Pujono Pujono, Joko Setia Pribadi, Agung Firmansyah, Ipung Kurniawan

Abstract


Pengolahan limbah padi (jerami) kering masih sangat minim, mayoritas petani akan membakar jerami padi kering supaya lahan dapat ditanami kembali. Padahal jika dikelola dengan baik, jerami padi kering dapat dibuat tepung yang digunakan sebagai campuran pakan bagi hewan ternak unggas. Untuk mengubah sampah jerami padi kering menjadi campuran pakan hewan unggas diperlukan alat teknologi tepat guna yang efektif dan praktis, sehingga mudah diopersikan dan menghasilkan bentuk produk pengolahan jerami yang sesuai kebutuhan. Beberapa studi dan pembuatan alat sudah dilakukan dengan menggunakan berbagai mekanisme. Pada penelitian kali ini akan dibuat mesin penghancur jerami padi dengan mengoptimalkan bentuk dan dimensi pisau potong sehingga dapat menghasilkan ukuran potongan yang sesuai dan mempunyai kapasitas dan kecepatan potong yan besar. Proses rancang bangun pisau pemotong jerami pada mesin penghancur jerami padi ini menggunakan metode perancangan VDI 2222 untuk mempermudah dalam proses perancangan, yaitu dengan melakukan tahapan merencana, mengkonsep, merancang, penyelesaian. Dari hasil perancangan didapatkan bahwa pisau penghancur pada mesin penghancur jerami padi memiliki beberapa komponen yaitu bilah pisau, piringan atas, ring kipas, kipas pendorong, pilar penopang, dan piringan bawah. Pisau potong berbentuk serrated edge atau mata pisau yang bergerigi. Hasil perencanaan pisau penghancur pada mesin penghancur jermi padi, ditetapkan jumlah pisau sebanyak 8 (delapan) buah. Dengan jumlah pisau tersebut kecepatan hasil potong yang dihasilkan adalah 0,018 m3/menit serta kapasitas pemotonganya sebanyak 25,9 kg/menit. Ukuran hasil potongan menunjukkan bahwa penggunaan pisau bergerigi menghasilkan ukuran potong antara 7-10 mm, sedangkan bentuk pisau rata menghasilkan potongan 10 – 15 mm.


Keywords


Jerami padi kering, pisau penghancur, ukuran potongan

Full Text:

PDF

References


Andi, E., Ella, A., Nurhayu, A., & Andi, D. P. (2017). Pemanfaatan Tepung Jerami Padi dan Keong Emas (pomacea canalicuta) Sebagai Campuran Pakan Itik Sedang Bertumbuh.

Budiyanto Prasetyo. (2018). Rancang Bangun Mesin Penggiling Sekam Padi Jenis Penggiling Kombinasi Hammer Mills dan Disc Mills. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Hamarung, M. A., Jasman, J., & Akmal, H. (2019, December). Rancang Bangun Mesin Pecacah Rumput Untuk Kompos Dengan 2 Saluran Masuk, 1 Saluran Keluar, Dan Pisau Pengarah. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 44-49).

Hanafie, A., Fadhli, F., & Syahruddin, I. (2016). Rancang bangun mesin pencacah rumput untuk pakan ternak. ILTEK: Jurnal Teknologi, 11(01), 1484-1487.

Rochim, Taufiq. 1993. Klasifikasi Proses Pemesinan. Bandung: ITB Bandung.

Sugandi, W. K., Yusuf, A., & Saukat, M. (2016). Desain dan Uji Kinerja Mesin Pencacah Rumput Gajah Tipe Reel. Teknotan: Jurnal Industri Teknologi Pertanian, 10(1).

Sularso dan Kiyokatsu Suga. 2008. Dasar Perencanaan dan Pemeliharaan Elemen Mesin. Jakarta: Pradya Paramita.

Suryandharu dan Yoka Viandro. 2019. Perancangan Mesin Pembuat Pakan Ayam Menggunakan Screw Conveyor Dengan Kapasitas 65 Kg/Jam. Tesis S1, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, Hal 17.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.2992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats