DISEMINASI TEKNOLOGI GEOLISTRIK AIR SUMUR DALAM SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH BAGI MASYARAKAT DESA SAMBIHARJO KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI

Basuki Setiyo Budi, Wahyu Krisna Hidayat, Sri Astuti

Abstract


Tujuan Umum dari kegiatan ini adalah mefasilitasi proses hilirisasi teknologi Geolistrik hasil riset ke masyarakat, meningkatkan sinergi kelembagaan Politeknik Negeri Semarang pada berbagai tingkatan baik pusat maupun daerah, meningkatkan produktifitas nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk Geolistrik berbasis Ipteks, membentuk dan memperkuat jaringan antara penghasil teknologi Geolistrik untuk mencari mata air sumur dalam dengan pengguna Ipteks, serta meningkatkan kesejahteraan msyarakat. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk mempercepat diseminasi dan pemanfaatan teknologi Geolistrik yang potensial dari hasil riset dan pengembangan Politeknik Negeri Semarang ke masyarakat. Target khusus yang ingin dicapai adalah mendiseminasikan teknologi Geolistrik untuk memndapatkan sebuah mata air dan melakukan pengeboran, serta air bersih yang didapat ditampung disebuah tower terpadu kemudian dialirkan ke rumah-rumah masyarakat. Metode, tahapan dan prosedur dalam kegiatan ini meliputi : identifikasi kebutuhan masyarakat, perancangan ,penghitungan, gambar desain, pengeboran dan pembuatan tandon air, uji operasi, serta pendampingan operasional yaitu pendampingan oleh pelaksana dalam mengoperasikan Teknologi Tepat Guna (TTG) secara berkelanjutan. Diseminasi teknologi kepada masyarakat/mitra meliputi : penyebaran informasi TTG ke masyarakat dengan cara melaksanakan bersama sama dengan mitra dari proses pembuatan sampai dengan penggunaan TTG. Target luaran yang diharapkan adalah peralatan geolistrik yang berupa transmiter, reciever, memori data, interface, catu daya, satu buah sumber mata air sumur dalam, satu buah tower penampungan air bersih secara terpadu dan publikasi di media masa.

Keywords


Geolistrik, mata air, sumur dalam, tower.

Full Text:

PDF

References


............... 2018. Kompasiana, 25 Agustus 2018. Fungsi Geolistrik Dalam Menentukan Sumber Air Tanah. https://www.kompasiana.com/try2bereal/5b810060bde575403844b1a2/fungsi-geolistrik-dalam-menetukan-sumber-air-tanah (diakses 2 Maret 2021)

Politeknik Negeri Semarang. 2016. Rencana Strategis Pengabdian pada Masyarakat 2016-2020. p3m.polines.ac.id (diakses 10 Desember 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i1,%20April.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats