PENERAPAN TEKNIK KEPEMANDUAN WISATA DALAM NARASI PEMANDU WISATA KOTA LAMA SEMARANG

Endah Dwi Hayati, Sri Sulihingtyas Drihartati

Abstract


Pemandu wisata adalah seseorang yang bertugas untuk memandu dan memimpin wisatawan dalam sebuah perjalanan wisata. Agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik maka pemandu wisata harus memiliki keterampilan dalam memandu dan menyampaikan informasi kepada wisatawan. Kota Lama Semarang merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang sedang popular. Peran pemandu wisata di kawasan ini penting untuk memperkenalkan Kota Lama Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik kepemanduan wisata dalam narasi kepemanduannya. Hasil penelitian ini adalah para pemandu wisata Kota Lama Semarang telah menerapkan teknik kepemanduan wisata yang terlihat dalam narasinya. Meskipun demikian perlu ada perbaikan dari segi pemilihan kata yang tepat di dalam kalimat sehingga menghasilkan rangkaian kalimat yang baik dan dapat dinikmati oleh wisatawan yang datang. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasi kepemanduan yang disampaikan enam pemandu wisata Kota Lama Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan merekam kegiatan pemandu wisata pada saat bertugas serta melakukan wawancara sebagai data tambahan.

Keywords


Pemandu wisata, wisatawan, teknik kepemanduan, Kota Lama Semarang.

Full Text:

PDF

References


Flick, Uwe. (2009). An Introduction to A Qualitative Research. London: Sage.

Gewati, Mikhael. (2019). Revitalisasi Tahap 1 Kelar, Wajah Baru Kota Lama Semarang Mulai Nampak. https://semarang.kompas.com/read/2019/08/26/19592931/revitalisasi-tahap-1-kelar-wajah-baru-kota-lama-semarang-mulai-nampa/. diakses tanggal 20 Februari 2021, pukul 10.00 wib Keputusan Menteri Ketenagakaerjaan Republik Indonesia Nomor 341 tahun 2017 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Krisprantono, & Kriswandono, A. (2018). Strategi Pengelolaan Kawasan Bersejarah: Kasus Kawasan Kota Lama Semarang. Seminar Knowledge Festival. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

M, C., Abbas, N., & Riyanto, S. (2019). Wajah Kota Lama Semarang. Yogyakarta: Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta. Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 8 Tahun 2003 Tentang Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Kota Lama. Peraturan Walikota Semarang Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pembentukan, Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang Peraturan Daerah Jawa Tengah No. 9 tahun 2011 tentang Pramuwisata

Pujiachiri, D. (2017). Jalur Gula Kembang Peradaban Kota Lama Semarang. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Raditya, B. (2017). Alih Fungsi Bangunan Tua Untuk Medukung Pariwisata Sejarah (Studi Kasus: Kota Lama Semarang). Cakra Wisata.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Surat Keputusan Walikota Semarang No. 640/395 Tahun 2018 Tentang Penetapan Status Cagar Budaya Kawasan Kota Lama Semarang. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 682/P/2020 tentang Kawasan Cagar Budaya Kota Semarang Lama sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional.

Sutanto, D. H., & H, E. S. (2016). Pentingnya Promosi Guna Meningkatkan Minat Wisatawan Wisata Sejarah Di Kota Lama Semarang. Semarang: Pesona.

Suwena, I. K., & Widiatmaja, I. G. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Yuliati, Dewi. (2019). Mengungkap Sejarah Kota Lama Semarang dan Pengembangannya Sebagai Asset Pariwisata Budaya. Anuva. Volume 3 (2): 157-171. Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i1,%20April.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats