PENGARUH VOLUME LALU LINTAS TERHADAP KONDISI FISIK JEMBATAN PROVINSI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rifqi Aulia Abdillah, Lalu Yahya Surya Buana, Aiun Hayatu Rabinah

Abstract


Jembatan merupakan sarana transportasi yang sangat penting untuk manusia, kondisi jembatan yang baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan kehidupan sosial budaya, maka pemeriksaan jembatan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi jembatan dan dapat memastikan bahwa jembatan aman untuk dilalui kendaraan. Menurut data Statistik Transportasi Darat (2017), perkembangan volume kendaraan bermotor di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setiap tahunnya bertambah sekitar 646.455 kendaraan bermotor, hal ini akan mempengaruhi kondisi jembatan karena beban lalu lintas yang melewati jembatan akan bertambah. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh volume lalu lintas terhadap kondisi fisik jembatan provinsi di DIY. Penelitian ini menggunakan sampel 10 jembatan provinsi di DIY, data kondisi fisik diambil dari data pemeriksaan pada penetilian sebelumnya, data volume lalu lintas didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga provinsi DIY, kemudian data tersebut dianalisa menggunakan teknik tata jenjang untuk memperolah nilai korelasi antara dua variable tersebut. Hasil penelitian didapatkan nilai korelasi (Rho) sebesar 0,449,dimana nilai tersebut lebih kecil dari pada Rho tabel pada taraf 5% sebesar 0,648 dan pada signifikan 1% sebesar 0,794, maka dapat disimpulkan bahwa volume lalu lintas tidak ada pengaruh yang signifikan atau memiliki pengaruh sebesar 44,9% terhadap kondisi fisik jembatan provinsi di Daerah Istimewa Yoyakarta.


Keywords


Volume lalu lintas, kondisi fisik jembatan, analisa tata jenjang

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Rifqi Aulia. Sholihin As’ad., dan Senot Sangadji. (2017). Allocation Priority Determination System for Provincial Bridge Maintenance Fund in Special Region of Yogyakarta By Examining Physical Conditions, Operational Cost and Volume of Traffic. International Journal Of Science And Applied Science: Conference Series. Vol 2, No 1 (2017). Surakarta: UNS.

Badan Pusat Statistika, (2017). Statistik Trasportasi Darat. Jakarta: BPS Statistics Indonesia.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departement Pekerjaan Umum Republik Indonesia, (1993). Sistem Manajemen Jembatan, Jakarta: DPU.

Hariman F, Christady HH, and Triwiyono A. (2007). Evaluasi dan Program Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS). Jurnal Forum Teknik Sipil no XVII/3.

Rashidi M, Gibson P, and Ho TK. (2013). A New Approach to Bridge Infrastructure Managemen. Jurnal International Symposium for Next Generation Infrastructure SMART Infrastructure Facility Wollongong

Sudijono A, (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudradjat H., Djakfar L., Zaika Y. (2015). Penentuan Prioritas Penanganan Jembatan Pada Jaringan Jalan Provinsi Jawa Timur. Jurnal Rekayasa Sipil vol.9 (3):219-228.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i1,%20April.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats