APLIKASI BETON LIMBAH KANTONG PLASTIK UNTUK PERBAIKAN DINDING SALURAN DAN JALAN

Anung Suwarno, Sudarmono Sudarmono, Dianita Ratna Kusumastuti, Marchus Budi Utomo, Mochammad Tri Rochadi, Puji Wahyumi, Sukoyo Sukoyo, Sugiharto Sugiharto, Yusetyowati Yusetyowati, Wildana Latif Mahmudi

Abstract


Artikel ini mempresentasikan aplikasi beton limbah kantong plastik untuk perbaikan dinding saluran dan jalan RT.06/RW.17 Pucang Sari, Pucang Gading, Mranggen. Dengan aplikasi ini diharapkan  masyarakat khususnya tenaga konstruksi bangunan dapat mempratikkan bagaimana mengolah dan memanfaatkan limbah kantong plastik untuk bahan pengganti sebagian agregat kasar beton bertulang, agar lebih bermanfaat dan mengurangi pencemaran lingkungan. Penggunaan limbah kantong plastik untuk pengganti sebagian agregat kasar untuk perbaikan saluran, dan plat penutup saluran memberikan manfaat bertambahnya lebar jalan perumahan yang relatif sempit untuk kendaraan berpapasan. Campuran pengganti agregat kasar dari limbah kantong plastik pada diambil dari hasil proporsi penelitian yaitu 33% dari proporsi campuran 1PC: 2Ps : 3 Split. Pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh tenaga tukang yang dibantu oleh masyarakat RT.06/ RW.17. Kebutuhan akan tulangan disediakan oleh warga yang salurannya dijadikan tempat aplikan. Sedangkan bahan semen, pasir, split dan split LKP disediakan oleh tim pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap hari minggu/ libur dan berjalan selama hampir 8 minggu.

Keywords


Limbah kantong plastik, saluran, penutup saluran, pengecoran

Full Text:

PDF

References


Miller, S. J., Shah, N., and Huffman,

G.P. 2005. Conversion of Waste plastic to Lubrican Base Oil.

American Chemical Society, 19 (4). 1580-1586.

Mujiarto, Imam. 2005. Sifat dan karakteristik material plastik dan bahan aditif. Nomor 02, Volume 3, Edisi Desember 2005. Semarang: Unimar-AMNI

Pratikto. 2010. Beton Ringan Ber- agregat Limbah Botol Plastik jenis PET (Polyethylene Terephthalate). Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta.

Soebandono, B., Pujianto, A., Kurniawan, D. 2013. Perilaku Kuat Tekan Dan Kuat Tarik Beton Campuran Limbah Plastik HDPE. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika. Yogyakarta: UMY.

Suraatmadja,Djuanda, Munaf, D.R.,J dan Lationo,B. 1996. Falpo, Beton Polimer Bobot Ringan. Prosiding Pertemuan Ilmiah Sains Materi (PPSM). Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Wibowo. 2005. Kapasitas Lentur, Toughness, Dan Stiffness Balok Beton Berserat Polyethylene. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lestariono, Bambang Mahendya. 2008. Penggunaan Limbah Botol Plastik (PET) Sebagai Campuran Beton Untuk Meningkatkan Kapasitas Tarik Belah Dan Geser. Perpustakaan Universitas Indonesia. Depok: Universitas Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v6i2.2173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats