ANALISIS PERBANDINGAN STABILISASI TANAH ASLI DENGAN HASIL PRE BORING PADA PROYEK MENARA UNIVERSITAS SEMARANG DENGAN CAMPURAN PASIR DAN KAPUR UNTUK MENINGKATKAN DAYA DUKUNG TANAH

Trias Widorini, Ngudi Hari Crista, Bambang Purnijanto

Abstract


Kondisi tanah di setiap tempat sangat bervariasi dari butiran dan daya dukungnya. Kondisi tanah memiliki peranan yang sangat penting dalam bidang konstruksi yaitu sebagai dasar atau pijakan suatu bangunan. Kondisi tanah di lapangan sangat bervariasi, hal ini terlihat dari berbagai analisis hasil pengujian sampel di laboratorium untuk mengetahui kualitas tanah. Pada penelitian ini dilakukan analisis kekuatan daya dukung tanah pada lokasi konstruksi Menara Universitas Semarang yang distabilkan dengan campuran pasir dan kapur. Pengujian stabilisasi tanah bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui hasil pengujian tanah yaitu uji geser langsung dan batas atterberg dengan campuran pasir dan kapur sebanyak 5%, 10%, 15% dan 20%. Dari hasil pengujian dengan metode Terzaghi, pada tanah asli lokasi konstruksi Menara Universitas Semarang diperoleh Qu = 7,42 KN / m2. Nilai Qu daya dukung tanah campuran pasir dan kapur 5% adalah 6,36 KN / m2, untuk campuran 10% adalah 8,66 KN / m2, untuk campuran 15% adalah 8,98 KN / m2. dan untuk campuran 20% adalah 10,30 KN / m2. Dari hasil tersebut, daya dukung terbesar adalah campuran pasir dan kapur sebesar 20%.

Keywords


Campuran pasir dan kapur, daya dukung tanah, Menara Universitas Semarang

Full Text:

PDF

References


DAS, Braja M. 1985. Principle of Geotechnical Engineering. PWS Publishers.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2002. Mekanika Tanah I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jafri, Muhammad . 2009. Perbaikan Pengembangan Tanah Menggunakan Zat Additive Kapur Dengan Pemodelan Alat Konsolidasi. Teknik Sipil. Lampung: Universitas Lampung. Saleh, Alfian, dkk, 2019. Metoda Perbaikan Tanah Lunak Dengan Penambahan Pasir. Seminar Nasional Pakar ke 2 Tahun 2019 Satrio, Budi. 1998. Kapur Argojati Dalam Stabilisasi Tanah. Magister Thesis, Program Sistem dan Teknik Jalan Raya, Bandung: Institute of Tecnology Bandung. Sosrodarsono, Suyono. 2000, Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Yufiter. 2012. Substitusi Agregat Halus Beton Menggunakan Kapur Alam Dan Menggunakan Pasir Laut Pada Campuran Beton. Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 4. Teknik Sipil FST Undana. Kupang: Universitas Nusa Cendana.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v6i2,%20Oktober.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats