PENERAPAN IPTEKS LAS LITRIK DENGAN PENYAMBUNGAN LOGAM UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DAN PEKERJA BANGUNAN

Ukiman Ukiman, Dadiyono Amat Pawiro, Imam Nurhadi, Suwarto Suwarto, Suroso Suroso, Yusetyowati Yusetyowati

Abstract


Penduduk umr 18 tahun sampai dengan 24 tahun di kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang kebanyakan  mata pencahariannya masih dalam ketidak pastian., misalnya  bekerja berpindah pindah di mana yang dapat menghasilkan. Mereka tidak mempunya profesi keahlian tertentu. Dengan kondisi tersebut, maka dapat diasumsikan  bahwa masih adnya pengangguran terutama pada remaja putus sekolah.. Banyak bermunculan usaha –usaha pengelasan ,tetapi yang menjadi permasalahan adalah pekerja las listrik  yang digunakan masih didatangkan dari luar Rembang. Sehingga hal ini kurang efektif dan tidak efisien untuk pengusaha, karena pengusaha  harus menyediakan tempat tinggal untuk pekerja. Dengan harapan pengusaha-pengusaha las listrik tidak kesulitan mecari pekerja , dan kelangkaan tenaga las listrik dapat teratasi dan dapat menekan biaya pengeluaran, serta dapat menyejahterakan masyarakat kalangan bawah yang ada didaerah Rembang dan sekitarnya maka tim pengabdiaan masyarakat Politeknik Negeri Semarang mengadakan kegiatan ini. Metode yang digunakan adalah pelatihan  yang meliputi  tentang teknik dasar las listrik serta pemotongan menjadi benda jadi sepeti teralis,pintu, daun jendela, rangka atap dan lain sebagainya.

Keywords


Remaja putus sekolah, profesi, las listrik

Full Text:

PDF

References


Bintoro, G.A. 1999. Dasar-Dasar Pekerjaan Las. Jilid 1. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Hadi, Tjokro. dkk. 2016. Memberdayakan Masyarakat Kelurahan Jangli Dengan Keterampilan Dasar Las Listrik Perbengkelan Konstruksi Untuk Menjadi Tenaga Terampil. Pengabdian kepada Masyarakat Semarang: Politeknik Negeri Semarang.

Sonawan H., dan Suratman R., Pengantar untuk Memahami Proses Pengelasan Logam, Cetakan Kedua, , 2006, Bandung: CV Alfabeta.

Wiryosumarto, H dan Okumura, T. 2004. Teknologi Pengelasan Logam. Cet. 9. Jakarta: Penerbit Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v6i1.1931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats