ANALISIS JENIS KERUSAKAN PADA BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT (Studi Kasus pada Gedung Apartemen dan Hotel Candiland Semarang)

Arief Subakti Ariyanto

Abstract


Pertumbuhan penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah penduduk harus diiringi dengan kebutuhan tempat tinggal yang memadai sesuai dengan keinginan dan persyaratan yang berlaku. Dibangunnya bangunan gedung apartemen menjadi solusi untuk kebutuhan tempat tinggal penduduk di Indonesia yang dewasa ini semakin meningkat. Pada masa pengoperasiannya, gedung apartemen maupun gedung lainnya hams mempertimbangkan proses perawatan, pemeliharaan, dan perbaikan jika terdapat kerusakan yang terjadi pada bangunan gedung tersebut. Dalam studi kasus ini penulis bertujuan untuk menganalisis jenis kerusakan pada bangunan gedung bertingkat, dan objek penelitiannya yaitu gedung apartemen dan hotel Candiland semarang. Studi kasus ini diharapkan dapat memberi gambaran tentang jenis kerusakan yang dapat terjadi di suatu gedung dan penyebab terjadinya kerusakan serta cara penanganan yang efektif.


Keywords


Bangunan Gedung, Jenis Kerusakan Bangunan

Full Text:

PDF

References


Cook G.K., Hinks A.J., 1992. Appraising Building Defect. England: Longman Scientific & Technical

Gunawan, Rudy. 1978. Pengantar Iimu Bangunan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius

Lippsmeier, Georg. 1980. Bangunan Tropis. Syahmir Nasution, penerjemah. Jakarta: Terjemahan dari: Building in the Tropics.

Nuswantoro, W. Analisis Jenis Kerusakan pada Bangunan Perumahan. Jurnal Universitas Palangka Raya: 1-4.

Sagel Ing R., Kole Ing P., Kusuma G. Pedoman Pengerjaan Beton. Jakarta: Erlangga

Subarkah I., 1984. Vademekum Lengkap Teknik Sipil. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v6i1,%20April.1929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats