PENGARUH PELATIHAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASTIAN MUTU PADA PT PHAPROS, Tbk SEMARANG

Nailul Mutatawwi’ah, Endang Sulistiyani, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian Pemastian Mutu pada PT Phapros, Tbk Semarang.Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penelusuran literatur, kuesioner, dan wawancara.Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh pada 34 orang karyawan bagian Pemastian Mutu PT Phapros, Tbk Semarang.Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan variabel pelatihan dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan baik secara simultan maupun parsial.Variabel pelatihan memberikan pengaruh terbesar dalam meningkatkan kinerja karyawan.Indikator materi pada variabel pelatihan memberikan nilai indeks terbesar menunjukkan materi yang disampaikan saat pelatihan memiliki dampak yang baik sehingga berpotensi meningkatkan kinerja karyawan dan mendukung pekerjaan karyawan untuk bekerja lebih menguasai pekerjaan dengan keahlian dan kemampuan dalam bekerja di bidang farmasi.Variabel kedua yang memberikan pengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah lingkungan kerja. Indikator penerangan pada variabel lingkungan kerja memberikan nilai indeks terbesar menunjukkan penerangan dalam berdampak besar untuk menunjang karyawan dalam pengkoreksian dokumen disposisi batch record produk secara cermat dan teliti. Karyawan yang mampu mengembangkan kompetensi dan lingkungan kerja yang mendukung dapat meningkatkan kinerja karyawan.


Keywords


Pelatihan, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Aslinda.2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Konawe.https://www.scribd.com/document/388109947/Proposal-Pengaruh-Lingkungan-Dan-Motivasi-Kerja-Terhadap-Kepuasan-Kerja. (24 Juni 2019)

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanggraeni, Dewi. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ingsiyah, Heni, dkk. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Pusri Pemasaran Daerah (PPD) Jawa Tengah. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/1428/106499. (13 Juni 2019)

Kaswan. 2012. Coaching dan Mentoring untuk Pengembangan SDm dan Peningkatan Kinerja Organisasi. Bandung: CV Alfabeta.

Kuncoro, Mudrajad. 2007. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) STIM YKPN.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasirudin, Harivan. 2017. Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja dan MotivasiTerhadap Kinerja Pegawai di DPPKAD Kabupaten Sukoharjo.http://eprints.ums.ac.id/57721/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. (13 Juni 2019)

Pratama, Yosef Ferry dan Dian Wismar’ein.2018. Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.https://jurnal.umk.ac.id/index.php/bmaj/article/viewFile/2686/1467. (14 Juni 2019)

Rivai, Veithzal, dkk. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v6i1.1928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats