Pengaruh Keterlambatan Material Terhadap Risiko Proyek Pembangunan Gedung Parkir

Arief Subakti Ariyanto, Krissabel Anggriawan Putri Kamila, Supriyadi Supriyadi, Marchus Budi Utomo, Wildana Latif Mahmudi

Abstract


Supplier tidak dapat dipisahkan dari dunia konstruksi. Kedatangan material dapat mempengaruhi risiko keterlambatan dalam proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui risiko yang ditimbulkan jika material tidak datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan terhadap proyek konstruksi dan cara yang efektif untuk mengatasinya. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengobservasi proyek konstruksi yang mengalami gangguan karena keterlambatan pengiriman material. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlambatan pengiriman dapat meningkatkan risiko terhadap keterlambatan dari sebuah proyek konstruksi. Untuk dapat mencegah keterlambatan sebuah proyek konstruksi, cara yang paling efektif adalah dengan mempercepat dan mengusahakan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana.


Keywords


Keterlambatan material, supplier, konstruksi, mempercepat

Full Text:

PDF

References


Bramantyo Djohanputro. 2008. Manajemen Resiko Korporat. Jakarta.

Dewiyustia. 2007. Proses Jaminan Mutu Dalam Rantai Pasok Pada Industri Konstruksi. Tesis pada Institut Teknologi Bandung: tidak diterbitkan, Bandung.

Ervianto, Wulfram I. 2004. Teori–Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta.

Husen Abrar. 2011, Manajemen Proyek. Yogyakarta: ANDI.

Levis dan Atherley. 1996. Delay Construction. Langford

Mudita, Kumarayasa, P. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pengadaan Material Konstruksi Pada Proyek Gedung di Kabupaten Badung. p.11-16, Tesis pada Undayana Bali: tidak diterbitkan, Bali.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v5i2.1575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats