Model Pembelajaran Scramble Untuk Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Menghargai Keputusan Bersama
DOI:
https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v5i1.1410Keywords:
hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan, model pembelajaran scrambleAbstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan bahwa pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), siswa dituntut untuk mencatat materi, mengerjakan LKS, atau mengerjakan soal dari guru. Kegiatan-kegiatan tersebut belum membuat siswa dapat berpikir kritis dan kreatif sesuai dengan tujuan pada pembelajaran PKn. Padahal mata pelajaran PKn membutuhkan pemahaman materi dengan baik karena luasnya kompetensi yang dipelajari oleh siswa. Maka, siswa perlu diberikan kesempatan untuk menggunakan model pembelajaran yang lain pada proses pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan menggunakan model pembelajaran scramble untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran scramble , pada siklus pertama belajar menghargai keputusan bersama belum mencapai hasil yang diharapkan sehingga dapat ditingkatkan pada siklus kedua. Data uji dapat diketahui bahwa siswa yang mencapai nilai ≥75 sebesar 71,43% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus kedua yaitu guru membagi kelompok menjadi lebih jelas, anggota kelompok diperkecil jumlahnya, dan pemberian reward kepada siswa yang tenang. Tindakan diberhentikan pada siklus kedua karena telah mencapai kriteria keberhasilan.References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Atkinson, R. L. etc. (1983). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja roSekolah Dasarakarya.
Prastowo, A. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.
Purwanto, N. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja RoSekolah Dasarakarya.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudijono, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, M. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
UUD 45 dan perubahannya: susunan kabinet RI lengkap (1945-2009) resufle kabinet Indonesia bersatu. (2004). Jakarta: Kawan Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.