Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop
Abstract
Kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan pendidik dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal yang menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi. Oleh karena itu, diperlukan panduan yang dapat memberikan informasi tentang penetapan kriteria ketuntasan minimal yang dilakukan di satuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Workshop di SDN 2 Jambu. Subjek penelitian: 6 orang guru SDN 2 Jambu. Strategi penyelesaian masalah yang digunakan adalah melalui workshop. Penilaian kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal di SDN 2 Jambu dapat dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan guru dalam kegiatan workshop. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, workshop sangat efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan KKM, karena guru memiliki kesempatan mendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapat memperbaikinya atau melakukan tindak lanjut pada siklus berikutnya secara terus menerus apabila masalah belum terselesaikan. Simpulan yang diperoleh: Pelaksanaan tindakan siklus I sesuai observasi melalui rubrik penilaian KKM, nilainya mencapai nilai 120, yang berarti berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II hasil observasi melalui rubrik penilaian KKM, nilainya mencapai nilai 156, yang berarti berada pada kategori sangat baik. Oleh karena itu guru perlu selalu mengasah diri dalam menguasai langkah-langkah penetapan KKM dan mengaplikasikannya dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.
Keywords
peningkatan kinerja guru, kriteria ketuntasan minimal, workshop
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme tantangan-tantangan global masa depan dalam transformsi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v5i1.1409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ABOUT JOURNAL
POLICIES | SUBMISSION | PEOPLE |
OFFICE INFORMATION
Publisher : Politeknik Negeri Semarang | bangunrekaprima@polines.ac.id, brmi.tekniksipil@gmail.com https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima | |||
Department of Civil Engineering, Politeknik Negeri Semarang (State Polytechnic of Semarang) Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275 | +62 85877763164 For Journal Subscription |