Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop
DOI:
https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v5i1.1409Keywords:
peningkatan kinerja guru, kriteria ketuntasan minimal, workshopAbstract
Kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan pendidik dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal yang menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi. Oleh karena itu, diperlukan panduan yang dapat memberikan informasi tentang penetapan kriteria ketuntasan minimal yang dilakukan di satuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Workshop di SDN 2 Jambu. Subjek penelitian: 6 orang guru SDN 2 Jambu. Strategi penyelesaian masalah yang digunakan adalah melalui workshop. Penilaian kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal di SDN 2 Jambu dapat dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan guru dalam kegiatan workshop. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, workshop sangat efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan KKM, karena guru memiliki kesempatan mendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapat memperbaikinya atau melakukan tindak lanjut pada siklus berikutnya secara terus menerus apabila masalah belum terselesaikan. Simpulan yang diperoleh: Pelaksanaan tindakan siklus I sesuai observasi melalui rubrik penilaian KKM, nilainya mencapai nilai 120, yang berarti berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II hasil observasi melalui rubrik penilaian KKM, nilainya mencapai nilai 156, yang berarti berada pada kategori sangat baik. Oleh karena itu guru perlu selalu mengasah diri dalam menguasai langkah-langkah penetapan KKM dan mengaplikasikannya dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.References
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme tantangan-tantangan global masa depan dalam transformsi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.