Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang

Sriwahyuningsih Sulaiman, Suroso Suroso, Puji Wahyumi, Wildana Latif Mahmudi, Yusetyowati Yusetyowati

Abstract


Bahan ajar Bahasa Inggris adalah modul mata kuliah Bahasa Inggris yang berisi seperangkat materi yang disusun secara sistematis dengan menggunakan cara pandang bervisi SETS (Science, Environment, Technology, Society) dengan aplikasi berbagai materi pada mata kuliah lain sehingga memungkinkan tercipta lingkungan/suasana belajar yang dapat mempermudah mahasiswa untuk belajar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar mata kuliah Bahasa Inggris dengan model pembelajaran bervisi SETS yang sesuai untuk mahasiswa teknik, khususnya Teknik Sipil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Penelitian pengembangan digunakan untuk mendesain produk atau prosedur baru yang teruji secara sistematis di lapangan, dievaluasi, dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi kriteria efektivitas, kualitas atau kemiripan dengan suatu standar. Secara keseluruhan bahan ajar bahasa Inggris bervisi SETS yang disusun didalam penelitian ini mempunyai keterkaitan yang sangat baik yaitu tingkat keterkaitannya dengan mata kuliah lain yang ada di dalam kurikulum.

Keywords


SETS, bahan ajar, teknik sipil

Full Text:

PDF

References


Binadja, Ahmad, 1997. The Nature of SETS Education. Makalah Disajikan dalam Seminar Language in the Context of Science and Mathematic di Semarang 4-6 Mei 1998.

Binadja, Ahmad, 1998. SETS a Popular way to Communicate Science. Makalah Disajikan dalam Pelatihan An Early Start to SETS Education, di Penang Malaysia.

Borg, W.R.& Gall, M.D. 1983. Educational Research: An introduction. New York & London: Longman.

Brown, H. D. 1994. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. Englewood Cliffc, New Jersey: Prentice Hall Regents.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Longman.

Depdiknas. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Richard, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press. Cambridge.

Richard, Jack C. 1991. The Dilema of Teacher Education in Second Language Teaching. dalam Richard, Jack C and Nunan, David (eds). Second Language Education.Cambridge: Cambridge University Press.

Richard, Jack and Nunan, David (eds) 1990. Second Language Teacher Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Waluyo, Kunardi, Joko, N. 2010. Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Komunikatif dalam Pengejaran Bahasa Inggris di SMA dan SMK Kota Surakarta. Jurnal Penelitian Paedagogia Hal: 87-97.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v5i1.1408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats