Rancang Bangun Prototype Mesin Friction Welding

Pujono Pujono

Abstract


Las gesek (friction welding) merupakan sebuah metode pengelasan yang memanfaatkan tenaga mekanik menjadi energi panas. Proses pengelasan akan terjadi dengan memanfaatkan panas yang muncul akibat gesekan. Untuk memperbesar panas yang terjadi, benda yang dilas tidak hanya diputar, tetapi juga ditekan satu terhadap yang lain. Pembuatan mesin ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan membuat konstruksi dan perancangan yang benar agar dihasilkan mesin friction welding yang mampu menyatukan komponen. Komponen yang akan disambung berbahan dasar nylon. Metode yang digunakan adalah input desain/identifikasi masalah, pembuatan konsep desain, pemilihan ide terbaik, perhitungan elemen mesin, pembuatan drawing, produksi/pembuatan mesin dan pengujian mesin. Hasil dari rancang bangun didapatkan hasil sebagai berikut mesin menggunakan motor penggerak 1 HP, dengan putaran 1450 rpm, diameter poros minimal adalah 24,75 mm, pulley yang digunakan adalah pulley bertingkat dengan diameter berturut-turut 2 x 3 x 4 inchi, sehingga didapatkan variasi putaran 725 rpm,1450 rpm dan 2900 rpm, umur bantalan adalah 21,59 tahun. Mesin friction welding berhasil menyambung dua buah komponen nylon berbentuk silindris dengan diameter 3/4 inchi dan dalam waktu 1 menit.

Keywords


friction welding, nylon

Full Text:

PDF

References


Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: an introduction. United States of America: Department of Metallurgical Engineering The University of Utah.

Gayung Putra Ayusi, 2016, Pembuatan Mesin Friction Welding Dengan Sistem Hidrolik Kapasitas Gaya 2 Ton Menggunakan Mesin Bubut. Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, UMY, Yogyakarta.

Husodo Nur dan Budi Luwar Sanyoto, 2011. Peningkatan Peran Teknologi Friction Welding Dalam Memproduksi As Sepeda Motor Produk Industri Kecil. Prosiding Seminas Competitive Advantage Vol 1 No 1, ITS, Surabaya.

Motensen, Jensen, Conrad; & Losee. 2001. Mechanical Properties and Microstructures of Inertia Friction Welded 416 Stainless Steel. Welding Research Supplement, November, p. 268-273.

Sanyoto, L.B. 2013. Penerapan Teknologi Las Gesek (Friction Welding) Dalam Proses Penyambungan Dua Buah Pipa Logam Baja Karbon Rendah. Jurnal FTI, Volume 66, Nomor 3. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Suharto. 1991. Teknik Pengelasan Logam. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v5i1.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung