Inspeksi Upper Wing Top Skin Panel Menggunakan Phased Array Ultrasonic Testing (PAUT)

Pujono Pujono, Endro Wahyu Galih

Abstract


Non Destructive Testing (NDT) adalah cara yang paling ekonomis untuk melakukan inspeksi dan cara untuk menemukan cacat. Salah satu metode inspeksi NDT adalah Ultrasonic Test yang digunakan untuk inspeksi khusus upper wing dengan menggunakan alat ultrasonic phased array di pesawat. Ultrasonic test memiliki keunggulan di atas seluruh metode NDT untuk kedalaman penetrasi dalam mendeteksi defect yang sangat baik, preparasi penggunaan alat dan benda uji yang tidak rumit dan portable, dan dapat menampilkan informasi jarak pada layar CRT atau LED. Tujuan dalam Inspeksi upper wing top skin panel menggunakan ultrasonic phased array adalah untuk mengetahui cacat korosi pada skin pesawat agar dapat dijadikan dasar dalam melakukan tindakan pencegahan dan perawatan body pesawat. Dalam uji ultrasonik ini penulis menggunakan metode phased array ultrasonic testing (PAUT). Phased array merupakan metode NDT yang dapat mendeteksi cacat dengan cepat dan akurat secara optimal dengan waktu pengerjaan yang seminimal mungkin. Metode ini sendiri agak berbeda dengan ultrasonic testing biasa, transducer/probe ultrasonic phased array ini memiliki 64 element. Dengan kata lain tranducer phased array ini dapat megarahkan dan memfokuskan pancaran gelombang ultrasonicnya. Ada 3 area yang dilakukan uji PAUT yaitu (1) trailing edge dan forward fastener row dari rear spar di Rib bay 3 – 4 dan rib bay 9 – 27, (2) trailing edge dan forward fastener row dari false rear spar. (3) forward fastener row dan after fastener row dari rear spar di rib bay 4-5 dan 5-6. Hasil yang diperoleh adalah terjadi korosi pada Rib 26-Rib 27 pada wing bagian kanan. Korosi ini terjadi pada baut dari rear spar, hal ini karena Mikroorganisme terdapat pada air yang berada pada tanki bahan bakar pesawat, air ini dapat berisi oksida besi dan garam mineral.

Keywords


Uji Ultrasonik, Upper Wing Skin Panel, Korosi

Full Text:

PDF

References


Kawanami, Seiichi. dkk, 2001. Development of Phased Array Ultrasonic Testing Probe. Japan: Mitsubishi Heavy Industries, Technical Review Vol 38.

Marefat, Fereidoon. dkk. 2011. Capabilities and Limitations of Radiography and Phased Array Ultrasonic Test in the Detection of Subtle welding defects. Singapore: Singapore International NDT Conference & Exhibition.

Pitalokha, Renie Adinda. Dkk. 2016. Inspeksi Cacat (Diskontinuitas) Pada Material dengan Menggunakan Uji Ultrasonik dan Uji Radiografi. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2016. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Pugalendhi, P dan Veerarju, D. 2013. Use of Phased Array Ultrasonic Testing. Singapora: Singapore International NDT Conference & Exhibition.

Poguet, Jerome. dkk, 2002. Phase Array Technology Concept Probe and Applications. Barcelona-Spain: 8th European Congres of Non Destructive Testing.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i2,%20Oktober.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats