Keris Frameic Mbah Kerta

Nurul Devi Ariyani, Eddy Hendratno, Irmas Zuraedha, Nurul Hamida

Abstract


Banyaknya limbah kertas khususnya limbah kertas fotocopy yang belum dimanfaatkan agar mempunyai nilai ekonomis tinggi merupakan peluang untuk membuka usaha baru khususnya dibidang souvenir yaitu frame. Keris Frameic Mbah Kerta (Kreasi Frame Unik Limbah Kertas Mengingat Momen Tanpa Batas) merupakan suatu inovasi dari mengolah limbah kertas yang biasanya hanya terbuang sia-sia yang diolah menjadi frame (pigura) unik untuk memenuhi keinginan pelanggan untuk menyimpan momen berharga. Tujuan dari program ini di antaranya adalah: 1) Memanfaatkan limbah kertas agar mempunyai nilai jual tinggi. 2) Menciptakan produk kerajinan tangan dari limbah kertas menjadi frame isian kreasi unik. 3) Mewadahi keinginan mahasiswa yang mempunyai jiwa wirausaha dan kreasi seni untuk membuka peluang usaha baru. Metode pembuatan frame yang digunakan meliputi 1) Pembuatan frame, dan 2) Pembuatan kreasi isian frame. Penjualan produk ini telah dilakukan selama bulan Juni hingga Agustus 2018, produk yang telah terjual sebanyak 55 unit, diperoleh omzet Rp 4.780.000, dengan keuntungan Rp 1.663.800, serta BEP Rp 3.320.000. Metode penjualan dan promosi dilakukan baik secara online yaitu melalui sosial media maupun secara offline yaitu direct selling dan konsinyasi. Berdasarkan hasil tersebut, maka usaha ini sangat menguntungkan dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Keywords


Pigura, kerajinan tangan, limbah kertas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Kota Semarang Tahun 2015. Semarang: Badan Pusat Statistik. www.bps.go.id (diakses pada 05 November 2017).

Hilfan. 2012. Mengapa Sampah Harus Diolah. https://hilfan.staff.telkomuniversity.ac.id/en/mengapa-sampah-harus-dikelola/ (diakses pada 30 Agustus 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i2,%20Oktober.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats