Rancang Bangun Komponen Pendorong Alat Pasang Pendrol Untuk Uji Penambat Rel

Tjokro Hadi, Sugiharto Sugiharto, Supriyo Supriyo, Sutarno Sutarno, Sudarmono Sudarmono

Abstract


Tahun 2012 Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang membuka program studi baru yaitu program studi D4 Jalan dan Jembatan Kereta Api. Pada semester 5 ada mata kuliah Uji Bahan Bangunan 3, dimana pada mata kuliah ini terdapat alat uji Cabut Rel dari bantalan, yaitu menguji kekuatan penambat rel. Laboratorium Bahan Bangunan jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang sejak tahun 2015 telah memiliki alat uji cabut penambat rel jenis clip (pendrol). Ternyata dalam pelaksanaan uji, dibutuhkan alat bantu / tambahan untuk memasang pendrol karena pendrol harus dipasangkan pada bantalan, kesulitan yang dihadapi adalah bantalan tempat memasang pendrol merupakan bantalan beton tunggal berdiri sendiri sehingga tidak stabil kedudukannya, maka pemasangan pendrol dengan dipukul menggunakan palu besar tidak bisa dilakukan. Disisi lain memasang pendrol dengan alat yang telah dibuat susah dilakukan karena kelemahan pada bagian konstruksi pendorongnya. Karena kondisi tersebut mengakibatkan mahasiswa mengalami hambatan dalam pelaksanaan praktikum, Maka penelitian ini akan mengkaji konstruksi pendorong alat pasang pendrol. Penelitian ini fokus pada bagian konstruksi pendorong, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja alat, sehingga akan berdampak pada kualitas dan efisien waktu pelaksanaan proses belajar mengajar laboratorium Bahan Bangunan Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan. Hasil akhir pada penelitian ini adalah terwujudnya alat untuk memasang pendrol yang bekerja sempurna.Alat yang dirancang pada penelitian ini didasarkan pada perancangan alat sebelumnya dan disempurnakan berdasar pertimbangan fungsi yang optimal namun simple dan mudah diaplikasikan dalam praktek.

Keywords


Penambat rel, Pendrol, Jalan rel, Bantalan rel

Full Text:

PDF

References


Arifin, Faizal. 2014. Konstruksi Jalan Rel. Diambil dari: http://sipil96.blogspot.com/ (diakses 29 Agustus 2018).

Hendriayana. 2013. Konstruksi Rel Kereta Api. Diambil dari: https://hendriyana90.wordpress.com/konstruksi-rel-kereta-api/.(diakses 10 Agustus 2018).

Kumila, Andri Haryanto. 2016. SPOOR. diambil dari: http://andriharyantokumila.blogspot.com/2016/06/penambat-rel.html. (diakses 8 Agustus 2018).

Pujono dan Rizal Aziz Alghifari. (2017). Rancang Bangun Mesin Spinning Flame Hardening Semi Otomatis. Jurnal Bangun Rekaprima. Vol.04/1/April/2018. ISSN: 2541-3899. http://jurnal.polines.ac.id/jurnal/index.php/bangun_rekaprima/article/view/1114 (diakses 10 Agustus 2018).

Umar. 2016. Perencanaan jalan Rel Kereta Api. Diambil dari: http://umarcivilengineering.blogspot.com/2016/02/perencanaan-jalan-rel-kereta-api.html. (diakses 8 Agustus 2018).

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Penerbit ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i2,%20Oktober.1199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats