Rancang Bangun Mesin Spinning Flame Hardening Semi Otomatis

Pujono Pujono, Rizal Aziz Alghifari

Abstract


Pengerasan permukaan dengan api adalah proses perlakuan panas dengan menggunakan nyala api langsung yang dihasilkan dari gas oxy-acetylen dimana permukaan dari bagian baja dipanaskan dengan cepat ke suhu di atas titik kritis baja. Setelah struktur butir permukaan telah menjadi austenit (austenitized), bagian tersebut dinginkan dengan cepat, perubahan austenit menjadi martensit sementara meninggalkan inti dari bagian dalam aslinya. Tujuan dalam perancangan mesin pengeras permukaan dengan api metode berputar semi otomatis ini yaitu menentukan rancangan konsep mesin pengeras permukaan dengan api metode berputar semi otomatis, pembuatan mesin dan pengujian hasil. Dalam pembuatan mesin ini penulis menggunakan pendekatan metode perancangan berbasis pada kebutuhan masyarakatdan pemilihan konsep menggunakan metode penilaian rangking, software gambar menggunakan Autocad dan gambar kerja menggunakan standar ISO. Dari metode-metode yang penulis lakukan, didapatkan hasil keputusan evaluasi rancangan konsep yaitu poros penggerak menggunakan poros tetap dengan material AISI 4340 dan badan mesin yang tertutup. Dalam pengujiannya, untuk kecepatan 60rpm mendapatkan hasil kekerasan rata-rata 55,9 HRC dengan waktu proses pemanasan 3,74 menit, untuk kecepatan 90rpm mendapatkan hasil kekerasan rata-rata 33,33 HRC dengan waktu proses pemanasan 2,42 menit. Dimensi mesin yang dirancang yaitu 1961 x 1418 x 1284 mm dengan massa mesin sebesar 150 kg dan diameter lubang minimal pada benda yaitu 18 mm.

Kata Kunci: Pengerasan permukaan dengan api, roda gigi, kekerasan Rockwell C.


Full Text:

Pdf

References


Nurkozin, Muh. 2006. Pengaruh Manual Flame Hardening Pada Baja Tempa. Laporan Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Purnomo, Eko Yuli. 2011. Pengaruh Kecepatan Putar Poros Dan Kecepatan Gerak Torch Terhadap Kekerasan Permukaan Baja AISI 4140 Pada Proses Flame Hardening. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kozin, Muhammad. 2012. Pengaruh Perlakuan Panas Terhadap Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Roda Kereta Api Buatan Lokal. Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i1,%20April.1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats