PENGARUH PR0FITABILITAS TERHADAP PRAKTEK PENGUNGKAPAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK
Abstract
Kecenderungan akan kesadaran sosial dan lingkungan telah membawa
perubahan sikap dari orientasi laba menuju orientasi sosial yang dilakukan
perusahaan. Manajemen sebagai agen tidak bisa menghindari kenyataan akan
dampak dari aktivitas perusahaan yang tidak hanya menghasilkan laba /
menaikkan harga saham, tetapi juga menimbulkan dampak sosial dan
lingkungan seperti kerusakan ekosistem, polusi dan penyakit sosial seperti
diskriminasi dan kriminalitas yang semuanya merupakan tanggung jawab sosial
perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap
pengungkapan sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan perusahaan di
Indonesia. Tema pengungkapan meliputi : lingkungan, energi, produk /
konsumen, kesehatan dan keamanan karyawan, karyawan lain dan umum.
Sampel penelitian adalah 60 perusahaan manufaktur go publik di Bursa Efek
Jakarta yang menyampaikan laporan tahunan 2005. Analisis data yang
digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif
signifikan terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).