PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS PADURAKSA DAN PUSKESMAS PETARUKAN KAB. PEMALANG
Abstract
Pelayanan publik diharapkan lebih berorientasi pada kepuasan pelanggan, yaknimasyarakat dan pengguna jasa. Demikian juga dengan tuntutan masyarakat
terhadap pelayanan di bidang kesehatan. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan
pada puskesmas Paduraksa dan puskesmas Petarukan.
Penelitian ini menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif. Untuk
mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan maka digunakan 14 unsur
sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor :
25/KEP/M.PAN/2/2004. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang
melakukan pengobatan pada puskesmas Paduraksa dan puskesmas Petarukan.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, menggunakan Accidental Sampling.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nilai Indeks
Kepuasan Masyarakat (IKM).
Hasil dari penelitian ini adalah besarnya indeks kepuasan masyarakat pada kualitas
kinerja pelayanan yang diperoleh di puskesmas Paduraksa sebesar 74,80 dan
puskesmas Petarukan adalah 75,28 keduanya masuk dalam dikatagorikan BAIK dan
memiliki mutu pelayanan B. Dari ke 14 unsur pelayanan yang diberikan pada dua
puskesmas nilai IKM tertinggi (paling memuaskan) adalah pelayanan”kepastian
biaya pelayanan”dengan nilai lebih dari 82. Nilai IKM terendah (paling tidak
memuaskan) adalah pelayanan “kecepatan pelayanan”.
Downloads
Published
2016-11-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).