ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KPP PRATAMA TEGAL PEKALONGAN DAN BATANG TAHUN 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja KPP Pratama Tegal, Pekalongan dan Batang yang dipakai sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Disamping itu data indeks kepuasan masyarakat akan dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk bisa melakukan perbaikan berkelanjutan. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Tegal, Pekalongan dan Batang yang menggunakan jasa pelayanan pajak di KPP pratama. Pengambilan sampel dilakukan secara accident a l s a m p l i n g , yaitu masyarakat yang mengurus pajak saat ditemui oleh peneliti. Responden yang bersedia mengisi kuisioner sebanyak 450 orang dimana tiap KPP sebanyak 150 responden. Hasil analisis dari 18 indikator pelayanan yang diteliti, terdapat 15 indikator dengan kategori baik, satu indikator dengan kategori sangat baik, dua indikator dengan kategori tidak baik dan cukup baik yaitu: pelayanan pada jam sibuk ( KPP Pratama Batang dan Pekalongan) dan pelayanan oleh satpam (KPP Pratama Batang). Hasil Pengukuran nilai IKM secara keseluruhan di 3 KPP pratama menunjukkan hal yang positif dan dikategorikan mutu B (kinerja pelayanan baik).Downloads
Published
2014-04-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).