PERBAIKAN PERKERASAN JALAN TOL SERBARAJA BANTEN SEKSI IB STA 5+525 - 5+550 (STUDI KASUS RETAK PADA PERKERASAN KAKU DAN LEAN CONCRETE)
Keywords:
retak, perkerasan kaku, lean concrete, pra-pembebanan.Abstract
Proyek pembangunan jalan tol Serbaraja yang menghubungkan Daerah Tangerang dengan balaraja sepanjang 39,9 km terbagi atas 3 sekdi, dimana salah satunya seksi 1B menghubungkan Simpang Susun BSD City dan Simpang Susun Legok. Permasalahan pada proyek jalan tol Serbaraja Seksi 1B tersebut terjadi di STA 5+525 sampai STA 5+550, terjadi retak pada perkerasan kaku dan lean concrete yang cukup panjang, serta terjadi penurunan tanah timbunan pada perkerasan jalan, pada bulan April 2023. Hal ini disebabkan oleh faktor utama kondisi tanah dasar berupa lempung lunak dengan kedalaman tanah keras 14 m. Kerusakan ini telah diperbaiki langsung di lapangan, karena saat tersebut masih dalam tahap konstruksi. Perbaikan dilaksanakan dengan melakukan pembongkaran dan pergantian tanah dengan mutu granular yang lebih baik, metoda pra-pembebanan dan pergantian sistem perkerasan pada lokasi tersebut. Melihat kondisi di lapangan, direkomendasikan tambahan perbaikan tanah mencakup penguatan pondasi tanah dasar menggunakan kombinasi metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) untuk mengatasi penurunan tanah timbunan. Rekomendasi perbaikan tambahan untuk memastikan proses penurunan tanah tidak terjadi lagi, untuk menjaga fungsi jalan tol tersebut terlaksana dengan baik dan memenuhi standar keamanan serta kenyamanan berkendara.
References
[1] Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983, Manual Pemeliharaan Jalan No. 03/MN/B/1983, Jilid 1a Perawatan Jalan, Jakarta
[2] Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017, Surat Edaran Direktorat Jenderal Bina Marga Nomor 07/SE/Db/2017 tentang Petunjuk Teknis Penanganan Kerusakan Perkerasan Kaku. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
[3] Direktorat Jenderal Bina Marga, (2018). Surat Edaran Direktorat Jenderal Bina Marga Nomor 02/SE/Db/2018 tentang Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan, Jakarta.
[4] Direktorat Jenderal Bina Marga. (2024), Surat Edaran Nomor: 15/SE/Db/2024 tentang Manual Desain Perkerasan Jalan 2024, Jakarta
[5] Hardiyatmo, H. C.,2015, Pemeliharaan Jalan Raya. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
[6] Hardiyatmo, H. C., 2023, Perbaikan Tanah, Gajah Mada University Press, Yogyakarta
[7] Junaidi,L. M., et.al, 2021, Pergerakan Horizontal Tanah yang Terjadi Akibat Proses Percepatan Konsolidasi Metode Vacuum + PVD + PHD + Preloading Pada Pekerjaan Perpanjangan Runway Bandar Udara Internasional Supadio, https://magistersipil.teknik.untan.ac.id/files/jurnal/vol-21-no-1-2021-lalu-m-junaidi-opt_1647755181.pdf
[8] PT Nusa Raya Cipta, 2023, Laporan Penelitian Jalan Tol Serbaraja Seksi 1B, Jakarta
[9] S. Enita,et. al., 2021, Perbaikan Tanah Lempung Lunak dengan Metode Preloading pada Jalan Tol Palembang–Indralaya STA 1+670, Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, Volume 10 No 2, Serang Banten.