KEMAMPUAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI SEMARANG DALAM MENULISKAN SUATU TEKS TENTANG AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Keywords:
link and match, purposive sampling, dan aktivitas sehari-hari.Abstract
Para pakar pendidikan menyarankan adanya “link and match” dunia pendidikan dengan pengalaman langsung mahasiswa dalam berbagai bidang kehidupan, masyarakat dan lingkungan alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Kemampuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang dalam Menuliskan Teks tentang Aktivitas Kehidupan Sehari-hari”. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis tentang aktivitas kehidupan sehari-hari. Populasi penelitian ini terdiri dari Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara “purposive sampling”; yaitu mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang yang telah mengikuti Mata Kuliah Bahasa Inggris 1. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif, yaitu penelitian tentang deskripsi suatu populasi penelitian yang berkaitan dengan karakteristik penulisan teks mahasiswa dan tidak banyak yang berkaitan dengan data angka. Analisis data dilakukan dengan mengkaji kelengkapan penulisan teks mahasiswa yang meliputi: (1) adanya “Simple Present Tense” dalam teks mahasiswa, (2) adanya struktur kalimat S-P atau S-P-O, (3) adanya “Adverb of Frequency”, dan (4) adanya “Adverb of Time”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah responden yang menuliskan teks dengan Simple Present Tense sebanyak 27 orang (100%), yang menuliskan teks dengan struktur kalimat S-P atau S-P-O sebanyak 27 orang (100%), yang menuliskan teks dengan Adverb of Frequency sebanyak 24 orang (88,89%), dan yang menuliskan teks dengan Adverb of Time sebanyak 25 orang (92,59%). Penelitian ini sebaiknya ditindaklanjuti dengan penelitian selanjutnya dengan jumlah responden yang lebih besar dari seluruh program studi yang ada.
References
Appel, Randy and Angel Arias. 2023. Automated Measures of Lexical Sophistication: Predicting Proficiency in an Integrated Academic Writing Task. Tokyo: Waseda University, Japan. Journal of Education and Language, Vol. 9, Issue 1, 2023. ISSN: 2411-7390.
[2] Azar, Betty Schrampfer. 2002. Understanding and Using English Grammar. Third Edition. New York: Pearson Education. ISBN 0-13-097605-9.
[3] Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ISBN: 979-9075- 27-0.
[4] Dirjen Dikti. 2013. Modul Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.
[5] Emilia, Emi. 2009. Menulis Tesis dan Disertasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. ISBN: 978-979-8433-96-2.
[6] … 2010. Teaching Writing – Developing Critical Learners. Bandung: Rizqi Press. ISBN: 978-979-1017-89-3.
[7] Hardiningsih, Sri. et. al. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Dengan Blogging. (Hasil Penelitian)
[8] … 2021. Evaluasi Terhadap Rekaman Video Presentasi Lisan Rekan Sekelas Bahasa Inggris Bisnis Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang Pada Era Covid-19. (Hasil Penelitian).
[9] … 2023. Ketrampilan Perolehan Kosa Kata dalam Mendengarkan dan Membaca dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. (Hasil Penelitian).
[10] Kaur, Jyot Divya, et. al. 2023. Technology-Enabled Language Leaning: Mediating Role of Collaborative Learning. Jaipur: Swami Keshvanand Institute of Technology, Management & Gramothan, Rajasthan, India. Journal of Education and Language, Vol. 9, Issue 1, 2023. ISSN: 2411-7390.
[11] Klimova, Blanka Frydrychova. 2013. The Importance of Writing. University of Hadrec Kralove, Faculty of Infornatics and Managements, Czech Republic. Volume 2, Issue 1 January 2013.
[12] Maneba, Sanaria. 2019. Students’ Opinions Toward Writing Activities. English Education Department, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Southeast Sulawesi, Indonesia.
[13] Maligkoudi, Christina. Et. al. 2023. Where do Critical Pedagogy and Language Needs Analysis Meet? English as an Additional Language for Adult Refugees and Migrants in Greece: A Case Study. Alexandroupolis: Democritus University of Thrace, Greece. Journal of Education and Language, Vol. 9, Issue 1, 2023. ISSN: 2411-7390.
[14] Masdianti, Asriani, R., & Suhartini, T. (2021). The use of journal writing to improve high school students` writing. International Journal in Applied Linguistics ofParahikma, 3(1), 43-50. https://journal.parahikma.ac.id/ijalparahikma/article/view/journal-writing.
[15] Pandiya, et. al. 2019. Kemampuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Dalam Menuliskan Suatu Narasi Untuk Mempromosikan Kawasan Destinasi Wisata. (Hasil Penelitian).
[16] … 2022. Evaluasi Terhadap Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Di Dalam Masa Pandemi COVID 19 (Hasil Penelitian).
[17] … 2022. Kemampuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Dalam Menuliskan Suatu Proses Pada Pembuatan Makanan dan Minuman Khas Nusantara (Hasil Penelitian).
[18] Pourdana, Natasha. 2023. An Output-Oriented Approach to the Impact of Online Written Languaging on Form-Focused Writing Tasks. Karaj Branch: Islamic Azad University, Karaj, Iran. Journal of Education and Language, Vol. 9, Issue 1, 2023. ISSN: 2411-7390.
[19] Rahmmawati, Ida Yeni, et. al.,. 2022. Analysis of Writing Errors for BIPA 2 Students at the University of Santo Thomas, Philippines. Prosiding Senabasa – UPT BAHASA POLINEMA.
[20] Sayed, Samah Thabet. 2018. English for Academic Purposes: English for general Skills - Writing Course. The English Department-Faculty of Arts- Cairo University- Egypt. (Bulletin of Advanced English Studies – Vol. 1, No. 1 , 2018, pp. 87 – 110. Available online at http:// www.refaad.com).
[21] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0.
[22] Supiah, dan Suzana. 2018. Penggunaan Journal Writing dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris (The Use of Journal Writing in Teaching English Writing). STAIN SAS – BABEL.