PEMBUATAN WEBSITE COMPANY PROFILE UMKM PUSAT TABEBUYA TKD SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DAN PEMESANAN
Keywords:
literasi keuangan syariah, promosi digital, citra merekAbstract
Pandemi COVID-19 banyak berdampak pada UMKM, salah satunya UMKM Pusat Tabebuya TKD (Taman Tirta Kebon Ndelik). UMKM yang bergerak di bidang pariwisata ini mengelola wisata alam Taman Tirta Kebon nDelik di kabupaten Magelang. Anjuran pemerintah untuk lock down di masa pandemi COVID-19 membuat UMKM ini menutup tempat wisata tersebut dan beralih ke budidaya tanaman hias tabebuya. Permintaan akan tanaman hias tabebuya cukup tinggi. Sayangnya, pemasaran yang dilakukan masih belum maksimal karena belum dilakukan secara digital. Padahal penggunaan website dapat membantu pemasaran dan membuat pelanggan lebih mengenal usaha yang dijalankan. Selain itu, platform e-commerce dapat menjadi media transaksi yang aman dan dapat memberikan penawaran yang menarik untuk pelanggan. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk membantu UMKM Pusat Tabebuya TKD mengembangkan bisnisnya secara digital dengan pembangunan website company profile sebagai media pemasaran dan pemesanan. Website yang telah selesai dibangun diharapkan mampu menjangkau pasar yang lebih luas dan memudahkan pelanggan untuk memesan tanaman hias tabebuya.
References
[1] Fadillah, P. N. N., & Gaffar, M. R. (2023). Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Menggunakan Cms Wordpress Pada Kafe Kajja Korean Street Food Di Garut. Applied Business and Administration Journal, 2(1), 91–99. doi:10.62201/abaj.v2i1.43
[2] Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 313. doi:10.33474/jipemas.v4i3.10103
[3] Maulana, A., Arjun, N. R., Akbar, F., Suryanti Ayu, N., & Firmansyah, H. (2021). Peran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini. Journal of Education and Technology, 1(1), 55–61. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet
[4] Pambudi, A. S., Fikri Masteriarsa, M., Dwifebri, A., Wibowo, C., Amaliyah, I., Adhitya, D., & Ardana, K. (2020). Majalah Media Perencana Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia Volume. Majalan Media Perencanaan, 1(1), 1–21. Retrieved from https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/1
[5] Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. doi:10.34127/jrlab.v9i2.380
[6] Rusmini, A. (2021). Gambaran Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Destinasi dan Pariwisata di Indonesia. Kepariwisataan : Jurnal Ilmiah, 15(2), 136–145.
[7] Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 20. doi:10.35931/aq.v18i1.2971
[9] Irwan, & Wibowo, E. A. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis, 1(4), 609–624.
[10] Juliana, Djakasaputra, Arifin Pramezwary, A., & Hutahean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Area. Nasya Expanding Management.