PENERAPAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PENGRAJIN TALI KUR DESA KLEPU TEMANGGUNG

Sandi Supaya, Mardinawati Mardinawati, Prima Ayundyayasti, Makmun Riyanto

Abstract


Permasalahan yang dihadapi mitra dalam kegiatan ini adalah proses produksi kerajinan belum menggunakan
bantuan alat, mitra belum mempunyai strategi pemasaran media sosial, serta belum menentukan harga pokok
produk yang sesuai dengan standar akuntansi. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pendapatan
anggota kelompok melalui penerapan kewirausahaan. Metode program ini dimulai dengan koordinasi
pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan ketua kelompok pengrajin. Selanjutnya Tim Pengabdi
menyiapakan materi praktek dan memberikan hibah meja lipat dan etalase. Keterlibatan mitra dalam kegiatan
ini terdapat pada koordinasi pelaksanaan, perencanaan, pengorganisasian peserta, tempat, waktu, penyediaan
fasilitas dan data yang diperlukan. Tim Pengabdi mendampingi, melatih dan memandu praktek dan
penggunaan peralatan. Kesimpulan dari program ini adalah kualitas dan produk tali kur
meningkat, omset
pemasaran produk kerajinan meningkat rata-rata sebesar 10 % per bulan, pendapatan anggota kelompok meningkat.
Kelompok pengrajin tali kur Gayatri Craft menyadari masih ada komponen biaya yang belum dimasukan dalam
perhitungan harga pokok produk, dan harus fokus pada sasaran, menggabungkan banyak platform, aktif dalam
berinteraksi, dan komponen-komponen penting dalam pemasaran media social


Keywords


tali, media sosial, harga pokok, pemasaran, kewirausahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.