PENERAPAN TEKNOLOGI PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN ECOMMERCE PADA UMKM DI DESA MANGUNHARJO, KECAMATAN Jati Nugroho 1)* TEMBALANG, KOTA SEMARANG

Jati Nugroho, Isnaini Nurkhayati, Winarto Winarto, Jumi Jumi, Putut Haribowo, Sri Marhaeni, Endang Sulistiyani, Mona Inayah Pratiwi, Ana Putri Nastiti, Rifa Mutia Azaa Rahmawati, Widya Nopita Wijayanto

Abstract


Pengabdian Masyarakat Pratama di Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang bertujuan untuk membantu memberikan solusi permasalahan di bidang pemasaran dan peningkatan usaha yang dihadapi para pelaku UMKM, agar dapat meningkatkan pendapatan. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM AnekaKerupuk dan Keripik Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang adalah kurangnyakemampuan para pelaku UMKM dalam menguasai IPTEK, berpikir kreatif dan berinovasi dalam memasarkanproduknya. Solusi yang akan diberikan; Memberikan pemahaman akan arti pentingnya media sosialkhususnya e-commerce dalam memperluas wilayah pemasaran secara nasional dan internasional gunameningkatkan omzet penjualan, menciptakan ide-ide baru dari media-media online dan pendampinganpembuatan akun e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan e-commerce lainnya serta membantu pemasangan iklan pada e-commerce tersebut . Metode yang digunakan adalah dengan memberikan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan penerapan teknologi pemasaran secara online menggunakan e-commerce. 

Penerapan Teknologi Pemasaran Produk Menggunakan e-commerce pada UMKM di Desa Mangunharjo,Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, akan berpengaruh terhadap perluasan wilayah pemasaran,peningkatan omzet penjualan dan peningkatan keuntungan bagi pelaku UMKM. Sebagai pendidik, hal inimerupakan tuntutan untuk dapat membantu Pemerintah, dengan melakukan kegiatan pengabdian pada UMKMAneka Kerupuk dan Keripik pada Desa Mangunharjo, Kec. Tembalang, Kota Semarang sehingga tarafhidupnya menjadi lebih baik.
Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke pemasaran online melalui e-commerce harus diimbangidengan kemampuan pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi pemasaran online. UMKM dipercayamampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadiharapan bagi UMKM agar dapat berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media pemasaran onlinediharapkan menjadi pilihan yang efektif bagi pelaku UMKM agar dapat menjangkau wilayah pemasaran yang
lebih luas, meningkatkan omzet penjualan, sehingga akan berdampak pada peningkatan tingkat keuntunganUMKM Aneka Kerupuk dan Keripik Desa Mangunharjo, Kec. Tembalang, Kota Semarang. Media promosikonvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadiperhatian utama bagi pelaku UMKM dengan adanya digital marketing.


Keywords


Pemasaran, e-commerce, penerapan teknologi, bisnis digital, online marketing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.