PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM PERKUMPULAN RAKYAT SEMARANG (RANGKUL)
Abstract
Pandemi Covid-19 di dunia menyebabkan penurunan perekeonomian nasional bahkan dunia.
Khususnya pada sektor pariwisata mendapat tekanan besar karena Pandemi Covid-19 serta UsahaMikro kecil menengah (UMKM) terkena dampak penurunan penjualan karena berkurangnya bahkan tidak adanya pengunjung yang datang.Perkumpulan Rakyat Semarang Kuliner atau disingkat Rangkul dibentuk atas keprihatinanditengah pandemic covid-19 dimana banyak para pengusaha kuliner yang terkena dampak bahkan sampai yang gulung tikar dan menutup usahanya. Dengan adanya perkumpulan ini diharapkandapat digunakan sebagai sarana komunikasi, konsultasi, berbagi informasi dan berbagi ilmu bagi para pelaku UMKM. Selain itu dengan adanya sebuah perkumpulan diharapkan juga dapatmembantu setiap permasalahan-permasalahan yang timbul untuk dapat diselesaikan secara gotong
royong dan kekeluargaan antar sesama anggota kelompok UMKM. Perkumpulan Rakyat
Semarang Kuliner mempunyai maksud dan tujuan dibidang sosial kemasyarakatan dengan
membentuk wadah bagi para pengusaha kuliner di Kota Semarang. Tujuan Perkumpulan adalahuntuk membina, dan mengembangkan kemampuan, memupuk pesaudaraan dan meningkatkan keikut-sertaan anggota dalam rangka membantu perekonomian anggota khususnya dan masyarakatsekitar Kemampuan utama dalam berbisnis adalah memampuan untuk menjual, kemampuan menjual memiliki berbagai aspek dari riset pasar, perencanaan strategi, penganggaran, komunikasi,ketepatan memilih target dan segmentasi pasar hingga evaluasi dari eksekusi yang dilakukan. Kemampuan tersebut diperlukan khususnya pada UMKM kuliner di karenakan persaingan yang ketat sehingga dapat bersaing dan memiliki kemampuan pengembangan pangsa pasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.