MESIN PENGIRIS BUAH SUKUN UNTUK BAHAN BAKU PEMBUATAN TEPUNG SUKUN DENGAN KAPASITAS 180 KG/JAM

Aryo Satito, Supandi Supandi, Timotius Anggit Kristiawan

Abstract


Kandungan karbohidrat yang mencapai 84,53 % dan protein sebesar 12,47 % pada buah sukun menjadikannya sebagai buah yang kaya akan manfaat dan dapat digunakan sebagai bahan makanan tambahan untuk anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kelemahan yang ada pada buah ini adalah sifatnya yang cepat menjadi busuk sehingga untuk memperpanjang masa penyimpanannya, buah sukun harus diolah menjadi tepung. Dengan teknologi sederhana dan secara manual, masyarakat biasanya mengolah potongan potongan tipis buah sukun yang telah dikeringkan menjadi tepung buah sukun . Agar Kelompok Wanita Tani “SEJAHTERA” dapat lebih produktif dalam mengolah buah
sukun menjadi tepung maka perlu diperkenalkan penggunaan mesin perajang buah sukun. Mesin ini dirancang dengan sistem piringan perajang yang dilengkapi 2 bilah pisau perajang untuk proses pengirisan buah sukun menjadi serpihan agar mudah dikeringkan. Penggunaan mesin bensin 5,5 HP sebagai penggerak proses pemotongan bertujuan agar mesin mudah dibawa dan digunakan di kebun.
Berdasarkan pengujian, didapatkan mesin pembuat tepung dengan kapasitas sebesar 25 kg/jam. Mesin pembuat tepung buah sukun ini akan digunakan Kelompok Wanita Tani “SEJAHTERA” untuk meningkatkan produktifitas mereka dalam memproduksi tepung buah sukun..


Keywords


buah sukun, mesin, perajang , produktifitas, motor bensin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.