PENGARUH SUASANA TOKO, KUALITAS PELAYANAN, DAN E-WOM TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM FASHION KOTA SEMARANG

Jati Nugroho, Iwan Hermawan, Inayah Inayah, Suharmanto Suharmanto, Luqman Khakim

Abstract


Bisnis fashion di kota Semarang memiliki persaingan yang sangat ketat, sehingga keunikan dan keunggulan produk yang ditawarkan kepada konsumen menjadi sebuah tantangan tersendiri. Hal tersebut membutuhkan kreativitas,
inovasi, dan keberanian untuk mencoba produk baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh Store Atmosphere, Service Quality, dan E-WOM (Electronic Word of Mouth) terhadap keunggulan bersaing. Permasalahan penelitian ini adalah "Membangun Keunggulan Bersaing dari Perspektif Store Atmosphere, Service Quality, dan E-WOM pada UMKM fashion di Kota Semarang" pasca pandemi COVID-19. Populasi penelitian ini
adalah UMKM fashion di Kota Semarang, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel dari populasi responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik penelitian ini menggunakan dua pendekatan: 1) Confirmatory Factor Analysis, pada Structural Equation Modeling (SEM); dan 2) Regression Weight pada Structural Equation Modeling (SEM). Luaran dari penelitian ini dapat memberikan
kontribusi positif bagi UMKM fashion dalam upaya untuk dapat mewujudkan keberlangsungan usahanya, baik dalamm bentuk saran implikasi manajerial maupun perumusan artikel ilmiah dan instrumen pengukuran. Saran manajerial ditujukan kepada pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan program untuk mempertahankan eksistensi pengusaha pasca pandemi COVID-19.

 


Keywords


Store Atmosphere, Service Quality, E-WOM, Competitive Advantag

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.