REVENUE PIVOT MODEL SEBAGAI STRATEGI PEMULIHAN USAHA (STUDI KASUS PADA UKM TAHU BAKSO WONING KABUPATEN SEMARANG)

Lardin Korawijayanti, Tutik Dwi Karyanti, Arum Febrianti Ciptaningtias, Ardian Widiarto, Bagas Putra Pradana

Abstract


Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang menjadikan Tahu Bakso
adalah salah satu UKM makanan yang menjadi unggulan di Kabupaten Semarang. Sebagai UKM ini juga
terdampak efek pandemi Covid 19. Pariwisata dan daya beli masyarakat yang menurun, menjadikan usaha
penjualan tahu bakso juga menurun. Meskipun memasuki era new normal dan keyakinan pemerintah akan
pertumbuhan perekonomian, tapi hal ini tidak serta merta menjadikan usaha UMKM menjadi normal kembali.
Penelitian ini bertujuan membantu UKM Klaster Tahu Bakso memperbaiki usaha, dalam hal penjualan tahu bakso
sehingga dapat memberikan laba optimal. Akan diaplikasikan strategi bisnis Revenue Pivot Model pada UKM
Tahu Bakso Woning di Kabupaten Semarang, sehingga dilakukan reduksi pada harga pokok (biaya-biaya). Hasil
penelitian menunjukkan aplikasi strategi bisnis Revenue Pivot Model pada UKM Tahu Bakso Woning dapat
mengubah kerugian Rp 2.178.090,- menjadi keuntungan sebesar Rp 10.336.410,-


Keywords


Efek Pandemi, Era New Normal, Revenue Pivot Model

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.