PELATIHAN TAKTIK PEMASARAN, PEMBUATAN DESIGN PRODUK, DAN OPTIMALISASI PRODUKSI KINERJA UMKM TENONG SARI PANGAN KARANGANYAR

Bayu Setyo Nugroho, Riyadi Riyadi, Kurniani Kurniani, Andi Setiawan, Yusmar Ardhi Hidayat, Suharmanto Suharmanto, Khairul Saleh, Nanang Adie Setiawan, Suwardi Suwardi

Abstract


UMKM Tenong Sari Pangan penyedia berbagai jenis makanan di daerah Jaten Karanganyar. Hasil produk
Mitra tidak memiliki informasi pemesanan ataupun identitas di produk makanan yang dijual. Pengetahuan
yang minim terkait taktik pemasaran pun juga menjadi masalah yang dialami industri makanan ini. Sehingga
umkm tersebut mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan. Berdasarkan permasalahan yang
terjadi, tim pengabdian mengusulkan pelatihan Taktik Pemasaran, pembuatan design, hibah peralatan
produksi, serta pelatihan komunikasi digital WhatsApp Business sebagai penunjang kegiatan promosi dan
pemasaran. Taktik pemasaran perlu dipertimbangkan pembuatan tempat jualan bersama dan membangun
kesan masyarakat tentang aneka jenis makanan/ jajanan pasar di tempat tersebut. Kegiatan expo produk
ditempat-tempat ramai di karangnyar juga diperlukan dalam membangun kesan. Diperlukan peralatan
promosi yang lengkap melalui design produk yang berisi pemesanan, alamat, dan juga memberikan ciri khas
terhadap produk mitra. Kegiatan komunikasi melalui pemanfaatan media Whatsapp Business sebagai
informasi detail produk, harga, pemesanan, dan juga media komunikasi dengan pelanggan. Pengabdian
masyarakat ini juga memberikan bantuan hibah untuk optimalisasi peralatan produksi Komunitas Tenong
Sari Pangan dalam mengembangkan usaha. Tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Semarang
berharap usulan ini akan menjadi salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan ekonomi
masyarakat khususnya pada komunitas Industri Makanan dan jajanan pasar yang terdampak pandemi Covid19.

 

 


Keywords


Taktik pemasaran, design produk, promosi, digital marketing, UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.